Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri [+DOC]

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja, Organisasi, Guru, Sekola, dll [+DOC] – Berada dalam suatu lingkungan kerja, instansi ataupun organisasi tentu saja Anda pernah merasa tidak nyaman dan tidak cocok dengan lingkungan tersebut.

kumpulan contoh surat pengunduran diri + file doc
Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri DOC | Via : Unsplash

Ada banyak sekali alasan bagi seseorang ingin mengundurkan diri dari jabatan atau lingkungan yang sedang dinaunginya.

Hal tersebut bisa saja terjadi, mungkin karena berubahnya sistem kerja atau aturan yang berlaku, lingkungan kerja yang menjadi kurang nyaman, atau hal lain.

Tak jarang, orang yang ingin mengundurkan diri mencari contoh surat pengunduran diri.

Apa itu Surat Pengunduran Diri?

Surat pengunduran diri merupakan surat formal yang dibuat seseorang saat ingin keluar dari jabatan atau lingkungan yang sedang dinaunginya.

Surat ini digunakan sebagai syarat administratif dalam mengajukan pengunduran diri dan biasanya surat ini harus sesuai dengan prosedur yang ditentukan di setiap instansi, perusahaan maupun organisasi tertentu.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sehingga tidak menyinggung pimpinan dan dicap sebagai orang yang tidak menghargai tanggung jawab yang sedang diembannya.

Ada beberapa keuntungan bagi instansi, perusahaan maupun organisasi yang bisa didapatkan jika anda mengajukan surat pengunduran diri sajak awal.

Salah satunya adalah perusahaan dapat mencari karyawan baru agar tidak ada kekosongan posisi dan anda akan memiliki citra yang baik di lingkungan kerja yang lama karena mengundurkan diri sesuai prosedur yang ada.

Sebelum membuat surat pengunduran diri, anda perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menggunakan kalimat yang sopan dan langsung pada maksud inti pengunduran diri.

Format Surat Pengunduran Diri

Berikut format yang perlu di perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri :

  1. Nama kota beserta tanggal

Nama kota dan tanggal ditulis dibagian kanan atas.

  1. Perihal

Perihal ditulis “Permohonan pengunduran diri”.

  1. Nama beserta alamat yang dituju

Nama yang ditulis dalam surat pengunduran diri biasanya ditujukan pada Pimpinan atau Tim HRD.

  1. Salam pembuka

Salam pembuka dapat ditulis “Assalamu’alaikum”, “Salam Sejahtera”, “Dengan Hormat”, “Hormat saya” atau yang lainnya.

  1. Alasan mengundurkan diri

Alasan mengundurkan diri merupakan inti dari tujuan pembuatan surat. Anda harus menuliskan alasan yang rasional dengan bahasa yang sopan agar tidak menyinggung perasaan.

  1. Mencantumkan tanggal pengunduran diri

Tanggal pengunduran diri perlu dicantumkan supaya lingkungan kerja atau organisasi Anda dapat mencari pengganti.

  1. Ucapan terimakasih

Ucapan terimaksih merupakan suatu bentuk apresiasi karena Anda telah diterima dan diperlakukan dengan baik selama ada di lingkungan kerja atau organisasi.

  1. Permohonan maaf

Permohonan maaf diperlukan sebagai bentuk penebusan kesalahan–kesalahan Anda yang di sengaja maupun tidak di sengaja selama berada di lingkungan kerja atau organisasi.

  1. Salam penutup

Salam penutup dapat ditulis selaras dengan salam pembuka yang dicantumkan, jika salam pembuka menggunakan assalamu’alaikum, maka salam penutupnya adalah wa’alaikumussalam.

  1. Nama dan tanda tangan

Nama dan tanda tangan merupakan syarat administratif yang perlu dipenuhi. Biasanya nama dan tanda tangan terletak dibagian kanan bawah.


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja, Perusahaan, Sekolah dll.

Surat mengundurkan diri merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang akan keluar dari tempat kerja atau lingkungannya saat ini.

Adapun banyak contoh surat penunduran diri yang sering ditemui dalam kehidupan sehari–hari. Di bawah ini, akan kami berikan contoh surat pendunduran diri kerja, guru, di sekolah, maupun di suatu organisasi.


#1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang dibuat langsung oleh seseorang yang berniat untuk mengundurkan diri.

Surat ini akan dibaca langsung oleh pimpinan atau tim HRD di tempat Anda bekerja atau dalam organisasi yang sedang Anda naungi. Berikut merupakan contoh surat pengunduran diri kerja:


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth.

Tim HRD

CITRA BUSANA

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Rania Kinasih bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. CITRA BUSANA sebagai Staff Produksi, terhitung sejak tanggal 01 oktober 2020.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. CITRA BUSANA. Mohon maaf apabila ada salah kata atau perbuatan selama bersinggungan selama saya bekerja. Saya berharap PT. CITRA BUSANA dapat terus berkembang menjadi lebih baik kedepannya.

Sukoharjo, 12 September 2020

Hormat saya

 

 

(Rania Kinasih)

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja DOC

Download file doc : Klik di sini


#2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

Surat pengunduran diri dari sekolah merupakan surat yang dibuat seseorang yang ingin keluar dari pekerjaan atau pendidikannya di suatu sekolah.

Surat pengunduran diri dari sekolah ditulis dengan kalimat yang jelas dan tidak bertele – tele. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah contoh pengunduran diri dari sekolah :


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sukoharjo, 25 September 2020

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepala Sekolah SMP TALENT SUKOHARJO

(Di tempat)

Dengan hormat,

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama               : Indra Kusuma

Pekerjaan        : Karyawan swasta

Alamat            : Jl. Sakura No 04, Rt 01 Rw 05, Gonilan, Sukoharjo

Telp                 : 0812 2341 4431

Selaku orangtua/wali murid dari:

Nama siswa     : kurniawan soleh

Kelas               : VIII B

No induk         : 2145463

Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri anak saya kurniawan soleh dari SMP TALENT SUKOHARJO, dikarenakan akan pindah sekolah ditempat yang baru.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, terimakasih atas jasa bapak/ibu guru yang sudah mendidik anak saya selama mengemban pendidikan di SMP TALENT SUKOHARJO, apabila ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Hormat saya

 

(Indra Kusuma)

Download Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah DOC

Download file doc : Klik di sini


#3. Contoh Surat Pengunduran diri Guru

Surat pengunduran diri guru merupakan surat yang dibuat oleh guru saat ingin keluar dari pekerjaannya di instansi pendidikan.

Surat pengunduran diri guru ditulis dengan singkat, padat dan juga jelas. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah contoh pengunduran diri guru:


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sukoharjo, 14 September 2020

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Kepada Yth:

Kepala Sekolah SMA CITRA SUKOHARJO

(Di tempat)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang bertAndatangan dibawah ini :

Nama                           : Naura Inayah

Tempat, tanggal lahir : Sukoharjo, 24 februari 1996

Jabatan                        : Guru Honorer Bahasa Arab

Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai guru honorer bahasa arab di SMA CITRA SUKOHARJO terhitung semenjak tanggal 01 oktober 2020.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMA CITRA SUKOHARJO. Dan tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada kepala sekolah beserta jajaran guru dan para staff SMA CITRA SUKOHARJO, apabila banyak kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja yang saya lakukan selama saya bekerja.

Hormat saya

 

(Naura Inayah)

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Guru DOC

Download file doc : Klik di sini


#4. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Dalam berorganisasi pasti Anda tidak jarang mengalami ketidakcocokan atau tidak nyaman antar sesama anggota organisasi tersebut.

Dalam membuat surat pengunduran diri organisasi sama halnya dengan surat yang tertera diatas. Agar memudahkan Anda dalam membuatnya, berikut kami cantumkan contoh surat pengunduran diri organisasi.


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sukoharjo, 25 September 2020

Perihal : permohonan pengunduran diri

Kepada Yth.

Ketua OSIS dan Pembina OSIS SMA MANDIRI SUKOHARJO

 

Dengan hormat,

 

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama        : Ida Kurniawati

Kelas        : X1 IPA 4

NIS          : 162354

Jabatan     : Bendahara II

Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari Organisasi OSIS SMA MANDIRI SUKOHARJO. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena saya tidak dapat membagi waktu belajar dengan berorganisasi, dikarenakan jadwal yang sangat padat.

Terimakasih banyak atas pengalaman yang saya dapatkan selama satu periode menjabat sebagai Bendahara II, saya juga mohon maaf yang sebesar – besarnya bila ada salah kata atau perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja selama bersinggungan dengan pengurus OSIS SMA MANDIRI SUKOHARJO.

Besar harapan saya surat permohonan pengunduran diri ini disetujui, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Mengetahui,

Yang bertandatangan

 

 

Ida Kurniawati

NIS. 162354

Orang tua siswa

 

 

Sutarno

Menyetujui,
Pembina OSIS

 

 

Andi Sasono, S.Pd

NIP. 7348492617839

Ketua OSIS

 

 

Kiki Saputra

NIS.162887

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi DOC

Download file doc : Klik di sini


Penutup

Sekian penjelasan dan contoh surat pengunduran diri, yang terpenting dalam membuat surat pengunduran diri adalah penggunaan kata yang tepat sehingga tidak menyinggung perasaan pimpinan Anda saat ini dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh masing–masing tempat kerja, instansi atau organisasi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin keluar atau mengundurkan diri dari tempat kerja, instansi atau organisasi yang sedang Anda naungi.

Contoh Surat Pribadi: Singkat, Sahabat, Guru, Ibu, Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris dan Indonesia berbagai Keperluan – Secara garis besar jika membicarakan tentang surat, maka akan dapat dibagi menjadi dua jenis; yakni surat resmi dan surat tidak resmi.

  • Surat resmi identik dengan lembaga atau instansi sehingga surat tersebut diterbitkan untuk kepentingan suatu lembaga dan memiliki format tertentu.
  • Sementara itu, surat tidak resmi cenderung berkaitan dengan kepentingan pribadi dan tidak ada aturan khusus yang dipergunakan untuk menyusunnya.
Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris dan Indonesia
Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Apa itu surat pribadi?

Salah satu contoh surat tidak resmi adalah surat pribadi. Sesuai dengan namanya, surat pribadi adalah surat yang diterbitkan oleh seseorang atas nama diri dan tidak mewakili lembaga atau instansi yang ditujukan untuk pribadi lain.

Kegiatan surat menyurat atau disebut juga dengan korespondesi sangat-sangat diperlukan pada masa lalu ketika teknologi belum secanggih saat ini. Korespondensi menjadi jembatan antara dua orang untuk saling mengabarkan dan bertukar informasi.

Seperti yang biasa Anda lihat ketika menonton film-film yang berlatar belakang masa lalu, pasti akan Anda temui kegiatan surat-menyurat.

Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan manusia untuk saling berkabar dan bertukar informasi merupakan hal yang tidak dapat ditampik. Entah di masa lalu, entah di masa kini saat teknologi mulai merajai. Hanya saja, medianya yang berubah.

Jika dahulu menggunakan surat secara konvensional, yakni kertas maka saat ini surat-menyurat dilakukan dengan media sosial memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Yah, bertukar informasi dan saling mengabarkan adalah kebutuhan manusia. Apalagi dihadapkan dengan keadaan pandemi serta kecanggihan teknologi.

Bukan hal yang sulit lagi untuk saling memberikan kabar dan bertukar informasi. Bahkan kecepatan dari proses ini tidak dapat dibandingkan dengan surat menyurat konvensional di masa lalu.

Dahulu untuk saling mengabarkan dan bertukar informasi melalui media surat berbentuk kertas dibutuhkan waktu berhari, berpekan, hingga berbulan-bulan lamanya. Namun, kini kebutuhan tersebut dapat dipenuhi hanya dalam waktu singkat, tidak sampai satu menit surat sudah sampai tujuan.

Kebutuhan tersebut tentunya perlu diimbangi dengan pengetahuan yang tepat dalam menyusun surat pribadi. Pemahaman terhadap contoh surat pribadi dapat menjadi titik awal untuk membuat surat pribadi yang baik dan benar sesuai dengan tujuan yang penulisan contoh surat pribadi tersebut.


Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris dan Indonesia Berbagai Tema

Yuk simak contoh surat pribadi dengan berbagai bahasan dan tujuan berikut ini!

#1. Contoh Surat Pribadi Singkat

Contoh surat pribadi singkat memiliki karakteristik yang sangat jelas sesuai dengan namanya. Ketika menulis contoh surat satu ini, Anda dituntut untuk tidak banyak berbasa-basi alias secukupnya saja mengingat surat ini merupakan surat yang singkat.

Perlu segera menyampaikan maksud dan tujuan penulisan surat merupakan poin penting dari contoh surat pribadi singkat.

—————————-

Solo, 28 September 2020

Untuk: Windy Meilani

Dari: Fiska Putri

Hai Windy, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik yah. Alhamdulillah aku baik-baik dan dalam keadaan sehat.

Nah, aku mau bilang insyaaAllah pekan depan aku ke Solo. Mari bertemu Wind! Aku sangat antusias untuk kembali bertemu denganmu. Oh iya, rencana aku hanya lima hari di Solo. Untuk komunikasi lebih lanjut hubungi nomor WA-ku: 088855567790. Aku tunggu kabar baiknya ya.

Terima kasih Wind sudah membaca suratku. Sampai jumpa!


Penjelasan Contoh Surat Pribadi Singkat

Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan contoh surat pribadi singkat:

  1. Gunakan bahasa yang dekat dan bersahabat, tetapi tidak bertele-tele dan harus singkat.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan yang mengikat.
  3. Bagian badan contoh surat pribadi perlu memerhatikan struktur salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat struktur contoh surat pribadi singkat di atas!

-Salam pembuka dimulai dari kata ‘hai’ hingga ‘sehat’ yang tersusun dalam satu alinea.

-Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi tersebut dimulai dari kata ‘nah’ hingga ‘ya’ yang sama-sama tersusun dalam satu alinea.

-Salam penutup, bagian salam penutup dalam contoh surat pribadi di atas dimulai dengan kata ‘terima kasih’ dan diakhiri dengan kata ‘sampai jumpa’ yang disusun dalam satu alinea.

Contoh surat pribadi singkat sangat harus memperhatikan unsur singkat karena memang jenis dari contoh surat pribadi singkat berkaitan dengan ketepatan dan kepadatan pesan yang disampaikan.


#2. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Sebagaimana karakter dari surat pribadi yang menunjukkan kepentingan atau mewakili urusan seorang individu. Surat pribadi memiliki penekanan untuk menyampaikan maksud dan tujuan pribadi kepada orang atau individu lain. Contoh surat pribadi untuk sahabat menjadi salah satu jenis dari surat pribadi.

—————————-

Solo, 28 September 2020

Kepada: Ahmad Jafar Shidiq

Dari: Tegar Kamil

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

Halo Ajes, apa kabar nih? Eit, masih inget aku kan? Jangan-jangan kamu abis ini baru coba inget-inget aku siapa, hayoo hehe! Ini aku Jes, temen kecilmu, yang kalau kamu manggil aku selalu saja pakai singkatan Teka, hmm masih inget kan aku. Gara-gara panggilan itu, aku keterusan panggil kamu Ajes dan sampai sekarang masih aja begitu wkwk. Eh iya, tadi nanyain kabar kan? Alhamdulillah kalau aku kabar baik, kayaknya kurusan sih, tapi masih sehat dan berbahagia kok Jes. Semoga kamu juga gitu ya.

Ngomongin soal nostalgia masa kecil setelah kita pisah lima belas tahun begini, aku punya cerita Jes. Kamu tahu adikku Hanif yang dulu sering banget ngikutin ke mana aja kita main sampai kita sebel sama dia? Nah, Hanif tahun ini masuk kuliah Jes dan tahu lucunya apa? Dia jadi adik tingkat kamu di Sastra Indonesia loh! Jangan kaget ya, setelah dulunya pas kecil ngikutin aku main sekarang dia yang bakalannya ngikutin kamu. Nitip Hanif ya Jes, kalau nakal dan ga jelas marahin aja, hehe.

Jes ga kangen aku apa sih? Enggak bosen lima belas tahun di Bandung? Bahkan kuliah aja enggak keluar dari Bandung, yang bikin heran lagi kenapa Hanif juga malah ikutan ke Bandung, heu. Kenapa gitu dua orang terdekatku pada berlabuh ke Bandung, heran deh. Sesekali sinilah main ke Jogja atau ke Solo. Eh kalau pas aku di Jogja ya sok atuh mainnya ke Jogja, tapi kalau pas aku di Solo kayak sekarang nih, hayuk gas mangga ke Solo. Itung-itung nostalgia masa kecilmu yang amat sangat singkat selama di Solo. Pokoknya sugeng rawuh Mas Ahmad Jafar Shidiq. Kudu berkabar kalau ada rencana ke Solo, kudu banget!

Aniway, kita udah tua juga ya Jes. Kalau ngitungnya pakai itungan semester rasa-rasanya baru kemarin semester satu, eh gila aja sekarang udah semester tujuh. Usia juga udah dua puluh satu. Enggak nyangka hidup sebegini cepet. Wajarnya tinggal setahun kita lulus jadi sarjana terus abis itu bakalan dihadapkan dengan the real life. Okee Jes, ga bohong tantangan zaman makin kerasa. Apalagi di usia kita saat ini, yang kalau orang bilang masa-masa quarter life crisis. Mulai dari pertanyaan-pertanyaan yang bisa meragukan diri sendiri, mbandingin diri dengan orang lain, sampai ke titik yang bisa bikin kita melemahkan diri sendiri. Semoga kita aman dan lancar dalam menghadapi fase ini ya Jes dan bisa jadi titik pendewasaan kita.

Okeee Jes kayaknya aku udah banyak omongan nih. Selanjutnya giliran kamu ya yang cerita, aku tunggu balesan surat dari kamu! Santai aja kalau masih repot kerjain yang lain dulu, tapi bukan berarti suratku ini dilupain loh ya! Inget baik-baik: nitip Hanif, ayo main ke Jogja dan Solo! Satu lagi, inget jangan dianggurin suratku hehe. Makasih Jes udah baca suratku. Salam sehat dan #dirumahaja!

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

Sahabat masa kecilmu,

 

Tegar Kamil


Penjelasan Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Hal yang perlu diperhatikan dalam contoh surat pribadi untuk sahabat:

  1. Contoh surat pribadi untuk sahabat identik dengan kedekatan yang rapat. Untuk itu, penggunaan bahasa dalam contoh surat pribadi untuk sahabat haruslah dekat dan santai disesuaikan dengan tujuan penyampaian surat. Penggunaan sapaan dengan nama-nama yang mendekatkan menjadi salah satu ciri dari contoh surat pribadi untuk sahabat. Dalam contoh surat pribadi untuk sahabat di atas ditandai dengan penggunaan kata sapaan, seperti: ‘Jes’, penyebutan diri sendiri dengan sapaan yang dikenal bersama, yakni ‘Teka’.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan mengikat.
  3. Contoh surat pribadi untuk sahabat perlu memerhatikan struktur berupa salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat penjelasan struktur surat pribadi untuk sahabat di atas!

– Salam pembuka berupa ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.’

– Pembukaan contoh surat pribadi untuk sahabat tersebut dimulai dari kata sapaan ‘halo’ hingga kata ‘ya’ yang terdapat dalam alinea pertama.

– Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi untuk sahabat dimulai dari kata ‘ngomongin’ sampai kata ‘kita’ pada alinea keempat.

– Penutup, bagian penutup dalam contoh surat pribadi untuk sahabat di atas dimulai dengan kata ‘oke’ dan diakhiri dengan kata ‘#dirumahaja’.

– Salam penutup berupa ‘Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.’


#3. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Surat pribadi juga bisa ditujukan kepada guru. Contoh surat pribadi untuk guru biasanya berkaitan dengan keperluan seorang murid, entah dalam hal tugas, berterima kasih, meminta maaf, dan sebagainya.

Sesuai tujuannya, yakni guru contoh surat pribadi bersifat semiformal dalam hal penggunaan bahasa karena contoh surat pribadi ini ditujukan pada orang yang lebih tua dan memiliki ilmu yang lebih luas dari seorang murid. Contoh surat pribadi untuk guru dapat disimak berikut ini.

—————————-

Surakarta, 28 September 2020

Kepada: Bapak Ginanjar

Dari: Ninda Putri Abelia

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Halo Pak Gin, apa kabar Pak? Semoga sehat dan baik-baik saja nggih Pak. Begitu juga dengan keluarga Bapak, semoga selalu dilimpahi berkah dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’alaa. Alhamdulillah Ninda sekeluarga juga sehat dan baik-baik saja Pak.

Tidak terasa ya Pak sudah tiga tahun Ninda lulus dari SMP Pemuda Bangsa. Saat ini, Ninda sudah kelas tiga SMA Pak dan insyaaAllah tahun ini Ninda akan mendaftar kuliah di jurusan Pertanian Universitas Gadjah Mada. Mohon doaanya ya Pak, semoga diberikan kemudahan serta kelancaran Pak.

Beberapa hari lalu Ninda mendapat kabar dari teman-teman kalau Pak Ginanjar sudah dimutasi dan diangkat menjadi kepala sekolah di kota Semarang. Selamat ya Pak Ginanjar yang kini sudah menjadi kepala sekolah. Wah jika bertemu nanti, saya perlu bawakan sesuatu nih, hehe. Alhamdulillah Ninda ikut senang Pak mendengarnya. Semoga Bapak dapat menjadi kepala sekolah yang amanah. Seperti juga pesan Bapak saat Ninda SMP, “Berbuat baik itu investasi akhirat.” Masih terus Ninda ingat pesan Bapak tersebut. Terima kasih Pak selalu mengingatkan kami untuk senantiasa berbuat baik. Semoga Allah meridhai langkah Pak Ginanjar.

Ninda ingin menyampaikan terima kasih kepada Pak Ginanjar atas bimbingan Bapak selama SMP dulu. Tepatnya ketika Ninda masuk tim OSN Matematika dan bimbingan Pak Gin setiap kali Ninda mengikuti perlombaan. Bimbingan dan bantuan dari Pak Gin tidak akan pernah Ninda lupakan dan semoga menjadi investasi amal untuk Bapak, aamiin.

Oh iya Pak, Ninda ingin menanyakan alamat Bapak di Semarang. Dua hari lalu ayah sudah kembali dari Australia Pak dan ini ada beberapa oleh-oleh yang sengaja ayah bawa dari Aussie untuk Pak Ginanjar. Jangan lupa cantumkan alamat Bapak pada surat balasan nanti yah Pak.

Nah, kalau begitu sampai di sini dulu ya surat dari Ninda. Terima kasih Pak Ginanjar yang telah membaca surat Ninda dari awal hingga akhir.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Penjelasan Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Hal yang perlu diperhatikan dalam contoh surat pribadi untuk guru:

  1. Penggunaan bahasa secara umum dalam contoh surat pribadi untuk guru harus disesuaikan dengan konteks tujuan, yaitu guru. Meskipun tergolong sebagai surat pribadi, tetapi contoh surat pribadi untuk guru harus diikuti dengan kesantunan dalam berbahasa. Terutama dalam sapaan, tetap harus menyertakan sapaan ‘Pak’ atau ‘Bu’. Selain itu, penggunaan bahasa juga tidak boleh terlalu santai karena contoh surat pribadi untuk guru bukanlah surat pribadi untuk teman.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan mengikat. Susunan tersebut umumnya diletakkan di bagian atas, boleh atas kanan dan boleh atas kiri.
  3. Contoh surat pribadi untuk guru perlu memerhatikan struktur berupa salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat penjelasan struktur contoh surat pribadi untuk guru di atas!

-Salam pembuka berupa ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.’

-Pembukaan dimulai dari kata ‘halo’ hingga kata ‘Pak’ yang tersusun dalam satu alinea, yakni alinea pertama dari contoh surat pribadi untuk guru.

-Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi untuk guru tersebut tersusun dalam empat alinea, yakni alinea kedua hingga alinea kelima.

-Penutup, bagian salam penutup dalam contoh surat pribadi untuk guru di atas terdapat pada alinea keenam yang dimulai dari kata ‘nah’ dan hingga kata ‘akhir’.

-Salam penutup berupa ‘Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.’


#4. Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

Penulisan contoh surat pribadi untuk ibu hampir sama dengan contoh surat pribadi untuk guru. Keduanya sama-sama ditujukan untuk orang yang lebih tua. Namun, contoh surat pribadi untuk ibu memiliki unsur kedekatan yang lebih intens.

—————————-

Surakarta, 28 September 2020

Teruntuk, Ibunda tercinta

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh

Selamat malam Bund! Hehe coba tebak mengapa Kakak memulainya dengan ‘selamat malam’? Yah karena Kakak tahu Bunda akan membaca surat ini pada malam hari, waktu yang paling sempurna ketika Bunda sudah menyelesaikan semua urusan kerja dan rumah. Ya kan Bund? Halo Bundaku tercinta, Bunda apa kabar? Semoga sehat selalu ya Bund, aamiin. Kakak alhamdulillah juga sehat kok Bund.

Sebenarnya kakak pengen segera pulang Bund, tetapi keadaan belum memungkinkan. Iya bener Bund, pasti Bunda sedang berpikir padahal kakak sudah mulai libur semester, hehe. Betul sekali Bund, kakak sudah libur semester, tetapi kegiatan organisasi belum libur Bund. Masih ada satu dua hal yang perlu segera diurus di sini jadi kakak tidak bisa pulang dalam waktu dekat. Mohon pemakluman dari Bunda ya. InsyaaAllah kalau sudah waktunya, Kakak akan pulang dalam keadaan baik dan aman, doakan ya Bunda.

Bunda, temen-temen kakak banyak yang sudah kerja. Ada yang part time di warung makan, kafe, ada juga yang jadi guru les privat. Dari situ kakak jadi inisiatif untuk daftar di sebuah bimbel jadi guru les privat dan alhamdulillah keterima Bund. Pekan ini kakak sudah pertemuan ketiga sama Dek Lala, iya Bund namanya Lala anak kelas tiga SD. Alhamdulillah anaknya baik enggak rewel dan enggak susah. Kakak nyaman sama kesibukan baru ini Bund, sekali lagi alhamdulillah.

Bunda, kemarin adik bilang Bunda sempet drop ya. Hayo loh kok enggak ngabarin kakak. Pokoknya harus jaga kesehatan, kalau udah mulai kerasa capek segera istirahat Bund. Kalau udah mulai laper, segera makan. Ini nih jaga pola makan dan pola istirahat. Kakak dah nitip pesen ke adik buat ngawasin Bunda, hehe.

Udah ya Bund segini dulu surat dari Kakak. Semoga Kakak bisa segera pulang dan ketemu Bunda, aamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.


Penjelasan Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

Hal yang perlu diperhatikan dalam contoh surat pribadi untuk ibu:

  1. Penggunaan bahasa secara umum dalam contoh surat pribadi untuk guru harus disesuaikan dengan konteks tujuan, yaitu ibu. Gunakan bahasa yang santun, tetapi tetap menunjukkan kedekatan antara seorang anak dengan ibunya.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan mengikat. Susunan tersebut umumnya diletakkan di bagian atas, boleh atas kanan atau boleh atas kiri.
  3. Contoh surat pribadi untuk ibu perlu memerhatikan struktur berupa salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat penjelasan struktur contoh surat pribadi untuk ibu di atas!

-Salam pembuka berupa ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.’

-Pembukaan dimulai dari kata ‘selamat’ hingga kata ‘Bund’ yang tersusun dalam satu alinea, yakni alinea pertama dari contoh surat pribadi untuk ibu.

-Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi untuk ibu tersebut tersusun dalam empat alinea, yakni alinea kedua hingga alinea kelima.

-Penutup, bagian penutup dalam contoh surat pribadi untuk ibu di atas terdapat pada alinea keenam yang dimulai dari kata ‘udah’ dan hingga kata ‘aamiin’.

-Salam penutup berupa ‘Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.’


#5. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Surat pribadi dalam bahasa Inggris disebut dengan personal letter. Kegunaan surat pribadi dalam bahasa Inggris sama halnya dengan surat pribadi dalam bahasa Indonesia. Hanya saja praktik penggunaan contoh surat pribadi bahasa Inggris berkaitan dengan mata pelajaran bahasa Inggris yang biasanya terdapat sebuah materi mengenai personal letter.

—————————-

Surabaya, 9th Sept 2020

Dear Farel

Hello Farel! How are you?  Hope you are doing fine. Anyway, we haven’t seen each other in two months and see what month it is? Yes September. So, let’s talk about what’s happening in September!

I thought you might forget your birthday date. Look above my letter, what date is it now? Yes, 9th September, it means that today is your birthday. Happy birtday Farrel, welcome to the age of 21. Wish you all the best. To be a good man, a good son, a good friend, a good servant, a good brother, a good uncle for the twinny Lili and Lulu.

I hope we can meet as soon as possible and say “let’s get it” together! Thanks for reading my letter.

Your beloved friend,

Natasyanania

——————————————————–

Surat Pribadi Bahasa Inggris Versi Bahasa Indonesia

——————————————————–

Surabaya, 9 September 2020

Farel tersayang

Halo Farel! Apa kabar?  Semoga kamu baik-baik saja. Ngomong-ngomong kita belum ketemu selama dua bulan ya dan lihat sekarang bulan apa? Ya, September. Jadi ayo kita membicarakan tentang apa yang terjadi di September.

Aku mengira kamu lupa dengan hari ulang tahunmu. Coba lihat bagian atas suratku, tanggal berapakah sekarang? Ya, 9 September 2020, itu artinya hari ini adalah hari ulang tahunmu. Selamat ulang tahun, Farel, selamat datang di usia 21. Berharap yang baik-baik untuk kamu. Semoga menjadi lelaki yang baik, anak yang baik, hamba yang baik, kakak yang baik, dan paman yang baik juga untuk si kembar Lili dan Lulu.

Aku berharap kita dapat bertemu sesegera mungkin dan berkata “Ayoo segerakan bersama!” Terima kasih sudah membaca suratku.

Temanmu tercinta,

Natasyanania


Semoga contoh-contoh surat pribadi mulai dari untuk ibu, sahabat, guru, bahasa inggris, dll di atas bermanfaat ya.

Silakan sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Contoh Surat Resmi; Struktur dan Penjelasannya

10+ Contoh Surat resmi Berbagai Keperluan
5+ Contoh Surat Resmi Berbagai Keperluan | Sumber : Pexels.com

Contoh Surat Resmi; Struktur dan Penjelasannya – Ada berbagai macam surat-menyurat yang digunakan oleh masyarakat baik secara perorangan, instansi, lembaga, ataupun yayasan. Tentunya surat-surat tersebut dibuat dengan beragam kepentingan.

Menilik dari bentuk dan tujuannya, surat dibedakan menjadi dua, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Adapun contoh surat resmi adalah surat undangan, surat pemberitahuan dan surat dinas. Sedangkan surat yang tidak resmi atau bersifat pribadi biasanya diberikan antar perorangan seperti kepada sahabat, keluarga atau kekasih.

Pengertian Surat Resmi

Surat resmi dapat diartikan sebagai alat komunikasi secara tertulis yang dipakai untuk kepentingan resmi. Contoh surat resmi ini adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi, organisasi, yayasan, atau perseorangan dengan kepentingan tertentu.

Ciri-ciri Surat Resmi

Adapun hal yang membedakan antara surat resmi dan pribadi dapat dilihat dalam penjabaran berikut ini:

  • Terdapat kop surat (bila dikeluarkan oleh instansi, organisasi atau yayasan)
  • Terdapat nomor, lampiran, perihal dan sifat
  • Salam pembuka dan penutup diberikan secara formal
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku
  • Ditandatangani oleh pengurus atau pejabat
  • Membubuhkan stempel

Bentuk Surat Resmi

Contoh surat resmi terdiri atas beberapa bagian, mulai dari kop surat di bagian paling atas hingga nama terang yang paling bawah. Ada surat resmi yang hanya satu lembar saja, tapi ada juga yang disertai lampiran-lampiran. Hal ini tergantung pada isi dan kepentingan surat.

Bila ingin membuat surat resmi, Anda bisa menyusun dengan struktur surat resmi berikut ini:

  • Kop Surat

Dalam contoh surat resmi, kop surat berisi nama instansi, organisasi, dan yayasan yang membuat surat tersebut. Nama tersebut harus ditulis dengan huruf besar.

Setelah nama, tuliskan alamat sekretariat instansi, lembaga, organisasi atau yayasan. Anda bisa memakai huruf besar dan kecil (dipadukan).  Pada bagian kiri kop surat biasanya terdapat logo.

  • Nomor, lampiran, Hal

Nomor surat diurutkan dari surat keluar pada pada satu periode. Lampiran dalam contoh surat resmi berisi jumlah lembar yang ada di belakang surat. Lampiran tidak selalu ada pada surat resmi. Hal adalah isi surat secara garis besar. Contohnya; undangan, pemberitahuan, laporan, dan lainnya. Bila suratnya bersifat sangat penting, di bagian bawah hal bisa dituliskan memo “sifat : penting”.

  • Tanggal Surat

Pada bagian ini dicantumkan tanggal penulisan surat. Letaknya di sebelah kanan surat, segaris dengan nomor. Anda bisa melihat langsung pada contoh surat resmi di ulasan selanjutnya.

  • Tujuan (Nama dan Alamat)

Tepat di bawah perihal pada contoh surat resmi dicantumkan nama dan alamat yang dituju. Biasanya, sebelum menuliskan nama dan alamat didahului dengan kata “Kepada Yth”.

  • Salam Pembuka

Urutan contoh surat resmi berikutnya adalah salam pembuka. Salam pembuka ini ditulis dengan kata “dengan hormat, Assalamu’alaikum, salam sejahtera”. Jangan lupa bubuhkan tanda koma di akhir salam pembuka.

  • Isi Surat

Isi surat resmi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembukaan, isi dan penutup. Pada beberapa surat yang isinya ringkas, pembukaan dan isi dijadikan dalam satu alinea.

Bagian isi dari contoh surat resmi ini harus menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan. Bahasa yang dipakai sebaiknya mudah dipahami agar tidak menyebabkan multitafsir.

  • Salam Penutup

Terakhir, ada salam penutup yang kemudian dibubuhkan nama terang, tanda tangan dan stempel.

Setelah membaca tentang materi surat resmi di atas, Anda mungkin telah mendapatkan gambarannya. Untuk lebih memahami lagi, silahkan simak contoh surat resmi dengan berbagai kepentingan berikut ini.



5+ Contoh Surat Resmi berbagai Keperluan

Tanpa berlama-lama lagi, silakan simak contoh-contoh surat resmi untuk bermacam-macam kepentingan di bawah ini.

#1. Contoh Surat Undangan Resmi

Surat undangan resmi sifatnya mengundang orang untuk hadir ke instansi tertentu atau untuk menghadiri acara formal. Bahasa yang dipakai dalam contoh surat resmi undangan adalah bahasa baku.

Acara pada surat undangan ini bisa bermacam-macam seperti rapat guru, rapat anggota pencaksilat, undangan wawancara, undangan untuk menghadiri peresmian gedung, dan sebagainya. Berikut ini contoh surat undangan resmi tentang acara rapat karang taruna dan rapat orang tua wali.


Contoh surat undangan resmi #1

Yang pertama adalah contoh surat resmi untuk keperluan undangan.

KARANGTARUNA MANGESTI LUHUR

Dusun Gontoloyo, RW 15, Desa Geprak, Kabupaten Wonogiri


Nomor             : 23/KRGTRN.ML/X/2010                            Geprak, 20 Oktober 2010

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan

 

Kepada Yth.

Saudara/saudari………………….

Anggota Karangtaruna Mangesti Luhur

Di tempat

 

Hormat kami,

Salam silaturahim bagi saudara/saudari anggota Karangtaruna Mangesti Luhur yang dirahmati Tuhan YME. Semoga saudara semua dalam keadaan sehat wal’afiat dan dalam lindunganNya.

Sehubungan dengan banyaknya program kerja yang akan dilaksanakan pada bulan November, maka kami mengundang anggota Karangtaruna Mangesti Luhur untuk hadir pada:

Hari                : Sabtu

Tanggal           : 22 Oktober 2010

Waktu             : 19.00 WIB

Tempat            : Balai RW 15 Dusun Gontoloyo, Desa Geprak

Keperluan        : Rapat bulanan

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran saudaara kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

Ketua                                                                                                  Sekretaris

 

 

(Santoso)                                                                                                    (Ali Rahman)



Contoh surat undangan resmi #2

TAMAN KANAK-KANAK IT CERAH CERIA

Alamat : Jalan Pattimura No.23, Bharata, Semarang Kabupaten


Nomor             : 02/TK.CC/VII/2018                         Bharata, 17 Juli, 2018

Lampiran         : –

Perihal :Undangan Pertemuan

 

Kepada Yth.

Wali Murid……………….

TK Cerah Ceria

Di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun pelajaran 2017/2018, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu wali murid TK Cerah Ceria untuk hadir dalam rapat akhir tahun pelajaran yang akan dilaksanakan pada:

Hari                 : Selasa

Tanggal           : 20 Juli 2018

Waktu             : 08.00 WIB

Tempat            : TK IT Cerah Ceria, Bharata, Semarang Kabupaten

Demikian suat undangan ini kami buat. Atas perhatian dan kehadiran Bapak/ Ibu semua, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

 

Kepala Sekolah

TK IT Cerah Ceria

 

 

(Sulasmi, S.Pd.AUD)



#2. Contoh Surat Dinas Resmi

Surat dinas termasuk dalam kategori surat resmi yang dibuat oleh instansi pemerintah ataupun swasta. Contoh surat resmi dinas ini berisi penugasan, surat izin, surat pemberitahuan, surat permohonan, dan sebagainya.

Adapun struktur dan kebahasaan surat dinas hampir sama dengan surat resmi lainnya. Contoh surat resmi dinas ini biasanya berfungsi sebagai instruksi/ perintah kepada karyawan, pemberian izin,  sebagai alat bukti, dan dokumentasi.

#2.1 Contoh Surat Dinas Resmi Penugasan

LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

KELOMPOK BERMAIN “KHADIJAH”

Desa Plangasri Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar

Telp: 0823456782 Kode Pos:57752


SURAT PENUGASAN

TENAGA OPERATOR SEKOLAH

TENAGA PENDATAAN DATA POKOK PENDIDIKAN PAUD DIKMAS

PADA KB KHADIJAH

TAHUN AJARAN 2020/2021

Nomor : 421.1/04/KB KDJ/VII/2020

 

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama         : Ernawati, S.Pd.I

NIP            : –

Jabatan    : Kepala Sekolah

Dengan ini menugaskan kepada:

1. Nama Rumini, S.Pd.I
2. Jenis Kelamin Perempuan
3. Pendidikan Terakhir S1
4. NUPTK 0645 7656 6621 0112
5. Tempat Tanggal Lahir Karanganyar, 13 Maret 1979
6. NIK 3313122403870345
7. Agama Islam
8. Status Menikah
9. Alamat Sukalama, Rt.01/ RW.02, Plangsari, Mojogedang, Karanganyar
10. Status Kepegawaian GTY
11. NIP
12. Jabatan di Sekolah Guru Kelas & tenaga administrasi sekolah
13. e-mail login SDM/DAPODIK rumini@gmail.com
14. No.Telp/HP 083135690031

 

  1. Yang bersangkutan ditunjuk sebagai petugas/ Admin Operator Data Pokok Pendidikan PAUD DIKMAS yang terintegrasi dengan pangkalan data kemendikbud pada satuan kerja dinas pendidikan Kabupaten Karanganyar untuk tahun pelajaran 2020/2021.
  2. Dalam melaksanakan tugasnya, Admin Operator Data Pokok Pendidikan PAUD-DIKMAS Kelompok Bermain (KB) Khadijah, bertanggung jawab kepada kepala sekolah KB Khadijah.

Demikian Surat Penugasan ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

 

Karanganyar,  01 Juli 2020

Kepala Sekolah

              KB Khadijah

 

 

                                                                                                       ERNAWATI, S.Pd.I



#2.2 Contoh Surat Dinas Resmi Rekomendasi

PT ARDINA PUTRA

Jalan Lohsari No.35 Kota Semang

Telp.(0271) 675 730


SURAT REKOMENDASI

No       : 239/020/PAP/I/2017

 

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama                      : Muslima Suhadi, SE

Jabatan                   : Diretktur PT.Ardina Putra

Menerangkan bahwa :

Nama                      : Rasya Ernawan

Tempat, Tanggal Lahir : Madiun, 23 Maret 1996

Alamat                   : Jl. Raya Mardiga-Madiun

Nama tersebut diatas telah menyelesaikan masa kerja di PT.Ardina Putra sejak tanggal 30 Maret 2017 dengan jabatan sebagai operator tenun.

Selama bekerja di perusahaan tergolong karyawan yang berperilaku baik, rajin dan jarang melakukan pelanggaran. Untuk itu, surat ini dapat dipergunakan sebagai bentuk rekomendasi kepada perusahaan tempat saudara Rasya Ernawan bekerja selanjutnya.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Kota Semang, 1 April 2017

Direktur PT.Ardana Putra

Muslima Suhadi, SE



#2.3 Contoh Surat Dinas Resmi Memorandum

Contoh surat resmi memorandum ini dipakai untuk mengingatkan akan adanya acara penting. Biasanya dipakai secara personal dari atasan kepada bawahan.

SMA TRIMULYA

Jl. Raya Agung – Madiun

Telp. (021) 345672 Email : smattrm@gmail.com


MEMORANDUM

Nomor : 345/TRM/I/2019

Dari       : Kepala Sekolah

Kepada : Kepala Bagian Tata Usaha

Saya bermaksud mengadakan diskusi dengan Anda terkait pembuatan rencana anggaran Dana Operasional Sekolah. Sebagai bahan pertimbangan, saya minta Anda membawa berkas proposal BOP tahun lalu dan rencana anggaran sekolah tahun ini. Diskusi akan dilaksanakan nanti pukul 13.00 WIB. Sekian terimakasih.

 

Madiun, 10 Januari 2019

Kepala Sekolah

Rosyid Nur H, M.Pd.



#2.4 Contoh Surat Dinas Resmi Pemberitahuan

Contoh surat resmi ini digunakan dengan tujuan mengumumkan sesuatu kepada para karyawan seperti hari libur, perubahan jam kerja, adanya lembur, kebijakan baru, dan sebagainya.

Contoh Surat Dinas Resmi Pemberitahuan #1

PT.PELITA SEJAHTERA

Jl.Trunojoyo – Magetan

Telp. (0231) 354674 Email : ptpelitasejahtera@yahoo.com


 

Nomor                 : 023/PS/OT/X/2017

Perihal                 : Pemberitahuan Libur

Lampiran            : –

 

Kepada Yth.

Seluruh Karyawan dan Staff P.PELITA SEJAHTERA

Di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya kerusakan beberapa mesin sekaligus pengecekan arus listri, maka diberitahukan kepada seluruh staff dan karyawan PT.Pelita Sejahtera bahwa pada hari Kamis, 17 Oktober 2017 libur. Seluruh karyawan kembali masuk pada hari Jum’at, 18 Oktober 2017 menurut jadwal yang telah tertera.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Harap dijadikan perikasa. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

 

Magetan, 16 Oktober 2017

Pimpinan PT. PELITA SEJAHTERA

 

Kairudin Muhari



Contoh Surat Dinas Resmi Pemberitahuan #2 

PIMPINAN CABANG AISYIYAH SUKARSARI

KB  “AISYIYAH” SUKARSARI

DESA GUNTAR KECAMATAN SUKARSARI KABUPATEN KARANGANYAR

Alamat : Dusun Ngasem, Guntar, Sukarsari, Karanganyar


 

Nomor : 341.1/ 09/ KB ASY/ V/ 26                                       Kepada

Lamp   : –                                                                                 Yth.Wali Murid dari……………

Hal      : Edaran Pembayaran                                                  di Tempat

Administrasi Akhir Tahun

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

Sehubungan dengan program pengembangan PAUD,  maka kami beritahukan bahwa sekolah mengadakan kegiatan renang pada:

Hari/ Tanggal              : Jumat, 28 Mei 2026

Berangkat                    : dari PAUD Aisyiyah  pukul 07.00  WIB

Tempat                        : Intanpari Karanganyar

Biaya                           : Rp. 55.000-,/ anak

Akomodasi                  : 1 (satu)  Bis

Catatan                        :

  1. Membawa perlengkapan mandi dan baju ganti + minum
  2. Setiap anak wajib mengikuti kegiatan ini
  3. Bagi yang tidak ikut tetap membayar biaya transport

 

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas partisipasi dan kerjasamanya, Kami ucapkan terimakasih.

 

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb

Gebyog, 26 Mei 2026

Kepala KB Aisyiyah Sukarsari

 

Ratnasari, S.Pd.I



#2.5 Contoh Surat Resmi Sekolah Undangan

YAYASAN ISLAM MUSLIMAH

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL HUDA

Alamat : Ngasinan, Gebyog, Mojolaban


Nomor : 561.1/ 30/SDAL-HD/ XII/ 2018                  Gebyog, 10 Desember 2018

Hal      :  Undangan                                                    Kepada

                                                                                    Yth. Wali Murid SD AL HUDA

                                                                                    Di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

Sehubungan telah selesai pembelajaran semester I tahun ajaran 2018/2019, maka kami mengharap kehadiran Bapak/ Ibu wali murid SD Al Huda besuk pada:

Hari/ Tanggal              : Kamis, 13 Desember 2018

Pukul                           : 08.00  WIB

Tempat                        : Aula SD Al Huda

Keperluan                    : Pengambilan hasil perkembangan anak

Syarat Pengambilan    : Lunas SPP dan uang makan sampai bulan Desember

 

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan. Atas kehadiran dan kerjasamanya, Saya ucapkan terimakasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

Hormat Saya,

Kepala SD Al Huda

Riyanti, S.Pd I



#2.6 Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah Permohonan Izin

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM

BINA BAKTI WANITA KABUPATEN KARANGANYAR

TK AL-FAJAR

Gadonrejo RT.08/RW.10, Gebyog, Mojogedang,

 Kab. Karanganyar, Kode Pos 57752


 

No       : 421.1/038/KB.NHMNU/VII/2020

Hal      : Permohonan Izin Lingkungan

 

Kepada Yth.

  • Bapak Ketua RW 12 Dusun Gadonrejo, Gebyog, Mojogedang
  • Bapak Ketua RT 02 Dusun Gadonrejo, Gebyog, Mojogedang

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Doa dari kami semoga Bapak, Ibu, Saudara beserta keluarga berada dalam keadaan sehat dan dikaruniai rahmat dan berkah dari Allah SWT. Aminn.

Dengan ini kami Pengurus Pendidikan Anak Usia Dini Nur Huda Muslimat NU mengajukan permohonan izin pada Bapak untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di PAUD Nur Huda dengan persyaratan yang sudah terpenuhi, yaitu:

  1. Tersedia fasilitas untuk melaksanakan pembelajaran sesuai protokol kesehatan (masker, tempat cuci tangan, handsanitizer, face shield, dsb)
  2. Proses pembelajaran sesuai dengan protokol kesehatan (menjaga jarak, pembatasan waktu, dsb)
  3. Pembatasan jumlah murid dalam satu kali tatap muka.

 

Demikian permohonan izin ini kami ajukan. Atas persetujuan yang diberikan, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

 

Ketua RT 02                           Ketua RW 12                                      Kepala Sekolah

PAUD Nur Huda MNU

 

 

 

(…………………………)          (……………………….)                      (Erma Yulianti, S.Pd.I)



#2.7 Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah Permohonan

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

KELOMPOK BERMAIN “AZ-ZAHRA”

Alamat : Karangtulo, RT.02/RW11, Desa Gading, Kecamatan Kaliboto Kabupaten Karanganyar


Karaganyar, 5 Oktober 2017

Nomor             : 441.1/03/PAUD-AZ/X/2017

Lampiran         : –

Perihal             : Permohonan NPSN PAUD

 

Kepada:

Yth, Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Karanganyar melalui

Kepala Bidang Paud dan Dikmas

Karanganyar

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama             :Ratih,  S.Pd.I

Jabatan          :Kepala PAUD

Nama PAUD    :AZ-ZAHRA

Alamat           : Karangtulo, RT.02/RW11, Desa Gading, Kec.Kaliboto Kabupaten

Karanganyar

Nomor izin/tanggal :441.1/S/43.2/Tahun2016

Bahwa PAUD kami telah berjalan sejak tanggal 01 Januari 2016 sampai dengan sekarang, dengan jumlah pengelola 1 orang, tenaga pendidik 1 orang, serta jumlah murid belajar sebanyak 16 orang.

Bersama surat ini, kami mengajukan permohonan NPSN untuk PAUD kami, sebagai syarat pengajuan NPSN lembaga PAUD telah terdata pada aplikasi pendataan online PAUDNI, dan kami bertanggung jawab atas kebenaran data satuan PAUD yang kami ajukan.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

PAUD/KB AZ-ZAHRA

Kepala,

 

 

                                                                                          (Ratih, S.Pd.I)


Itulah tadi contoh surat resmi dengan berbagai bentuk, tujuan, dan acara. Inti dalam pembuatan surat resmi adalah penggunaan struktur, bahasa baku dan isinya singkat, jelas, dan padat. Semoga bermanfaat.