Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya

20+ Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya – Tentu hampir semua orang pernah mendengarkan kata ‘pantun’. Lantas, apa yang ada di benak Anda ketika mendengarnya?

Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya
20+ Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya | Sumber : Unsplash

Bisa jadi berbagai contoh pantun yang akhir-akhir ini sering beredar di sosial media Instagram. Bisa juga yang terbayang adalah kejelian saat merangkai contoh pantun dan keseruan ketika berbalas pantun.

Apa itu Pantun?

Sadikin (2011: 15) memaparkan pengertian pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara.

Secara umum pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri dari rata-rata enam hingga dua belas suku kata, serta bersajak akhir dengan pola a-b-a-b (tidak boleh a-a-a-a atau a-b-b-a).

Mulanya pantun merupakan sastra lisan, tetapi saat ini pantun juga dijumpai dalam wujud tertulis. Tradisi mengujarkan pantun telah lama berlangsung terutama di Melayu.

Masyarakat Melayu bisa saling berbalas contoh pantun dengan lancar saking terbiasanya merangkai pantun.

Tidak semua contoh pantun terdiri dari empat baris. Ada juga contoh pantun dengan dua baris, tetapi ketentuan mengenai sajak tetap sama.

Pantun dengan dua baris dibagi ke dalam dua bagian, yaitu sampiran pada baris pertama dan isi pada baris kedua. Penyampaian dalam pantun dua baris pun lebih ringkas dan lugas.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pantun memiliki dua bagian, yaitu: sampiran dan isi. Sampiran terletak pada dua baris pertama, sedangkan isi terletak pada dua baris berikutnya (baris tiga dan empat).

Inti atau pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah pantun berada pada isi. Sampiran berguna sebagai pengantar sehingga tidak berkaitan dengan isi.

Jenis-jenis Pantun

Pantun memiliki beragam jenis yang dibagi sesuai dengan pesan yang disampaikan dari setiap contoh pantun. Beberapa jenis pantun, antara lain:

  • pantun adat,
  • pantun agama,
  • pantun budi,
  • pantun kepahlawanan,
  • pantun kias,
  • pantun nasehat,
  • pantun percintaan,
  • pantun peribahasa,
  • pantun perpisahan,
  • pantun teka-teki, serta
  • pantun jenaka.

Jenis pantun yang terakhir di atas akan diulas lebih lanjut dalam artikel ini.

Jika membicarakan tentang pantun saat ini, maka tidak akan asing lagi dengan keberadaan pantun. Pantun jenaka disebut juga sebagai pantun lucu.

Sesuai dengan namanya, contoh pantun jenaka selalu memiliki isi yang menghibur karena nilai kelucuan yang terkandung di dalamnya.

Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya

Berikut ini beberapa contoh pantun jenaka atau pantun lucu, yakni pantun yang pada bagian isinya mengandung nilai kelucuan sehingga memunculkan gelak tawa bagi pembacanya.

  • Contoh Pantun Jenaka 1

Tamasya keluarga ke Bukit Tinggi

Bersama ayah, ibu juga paman

Kakek tua tak punya gigi

Jika makan langsung kunyah telan

Contoh pantun jenaka dan maknanya 1: makna dalam pantun tersebit berkaitan dengan realitas fisik seorang kakek (orang tua) yang mayoritas sudah tidak lagi memiliki gigi. Namun, keadaan tersebut justru dimanfaatkan sebagai salah satu contoh pantun jenaka. Pantun tersebut tidak dimaksudkan untuk mengolok. Hanya sebatas jenaka yang menyebutkan tentang cara seorang kakek ketika makan.

  • Contoh Pantun Lucu 2

Buah berangan masaknya merah

Kulekati dalam perahu

Luka di tangan nampak berdarah

Luka di hati siapa yang tahu

Contoh pantun jenaka dan maknanya 2: pantun jenaka satu ini agak menyinggung perasaan karena hal yang dibahas adalah hati. Apalagi perbandingannya adalah tangan dengan hati.

  • Contoh Pantun Kocak 3

Sepatu baru dibeli tuan

Sepatu lama diletakkan di gudang

Ngilu hati sembari keheranan

Melihat nenek mengangkut barang-barang

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: ngilu hati dan rasa heran bercampur menjadi satu ekspresi ketika mengetahui nenek mengangkut barang. Pantun tersebut menjadi sesuatu yang lucu mengingat keadaan seorang nenek yang tidak memungkinkan mengangkut barang.

  • Contoh Pantun Lucu 4

Rumah bupati dipenuhi antrean urut

Warga berduyun datang merapat

Kucing terbangun karena terkejut

Melihat tikus pandai bersilat

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: larik keempat dalam pantun tersebut adalah hal yang sangat mustahil. Saking mustahilnya digambarkan dalam larik ketiga bahwa kucing menjadi terbangun karena terkejut mengetahui tikus pandai bersilat.


Contoh Pantun Lucu Singkat

Selain pantun yang berisi empat baris, ada juga pantun yang berisi dua baris. Jenis pantun lucu singkat ini sering digunakan dalam ujaran antarteman yang sudah akrab.

Berikut ini beberapa contoh pantun lucu singkat dua baris, simak yuk!

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 1

Hati siapa tak bimbang

Kepala botak ingin dikepang

Contoh pantun jenaka dan maknanya 1: pantun tersebut berisi ekspresi bingung dan heran jika ada orang botak meminta untuk dikepang. Padahal orang botak jelas-jelas tidak punya rambut. Mana bisa dikepang?

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 2

Fil ngeri bikin merinding

Ga usah marah, ini just kidding

Contoh pantun jenaka dan maknanya 2: isi dari pantun tersebut seperti berusaha untuk membujuk seseorang agar tidak marah. Sebenarnya hal tersebut hanya just kidding atau bercanda.

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 3

Kain perca, kain batik

Ga nyangka, ternyata guwe cantik

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: pantun tersebut ditujukan untuk meninggikan diri atau terlalu percaya diri. Ekspresi percaya diri tersebut dinyatakan larik kedua, yakni pernyataan guwe cantik.

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 4

Buah nangka, buah duren

Dih ga nyangka, ternyata guwe keren

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: sama seperti pantu ketiga. Pantun 4 memiliki nilai kepercayaan diri yang tinggi, yakni menyatakan diri seorang yang keren.

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 5

Beli blewah sama tomat

Yaudahlah, bodo amat!!

Contoh pantun jenaka dan maknanya 5: pantun singkat 5 menandakan seseorang sudah tidak lagi peduli dengan hal yang sedang diperbincangkan.

Baca juga :


Contoh Pantun Kocak

Diksi ‘kocak’ lebih sering digunakan untuk menunjuk pada intensitas lucu yang lebih tinggi. Pengertian kocak di KBBI pun disamakan dengan kata lucu dan jenaka.

Kocak menurut KBBI ‘a lucu; jenaka; dia sangat –‘. Sementara itu, kata lucu didefinisikan ‘a menggelikan hati; menimbulkan tertawa; jenaka; cerita ini – sekali; tukang lawaknya tidak –. Langsung saja, berikut ini contoh pantun kocak (beberapa di antaranya juga termasuk ke dalam pantun singkat).

  • Contoh Pantun Kocak 1

Ikan bandeng, makan kawat

Permisi, orang ganteng mau lewat

Contoh pantun jenaka dan maknanya 1: contoh pantun kocak 1 berisi nilai kepercayaan yang sangat tinggi dengan mengatakan bahwa orang ganteng mau lewat.

  • Contoh Pantun Kocak 2

Beli apel di pasar raya

nggak levellah yaaaa

Contoh pantun jenaka dan maknanya 2: pantun jenaka kedua ini biasa digunakan untuk ujaran antarteman. Apalagi hal yang dinyatakan semacam ejekan sehingga memunculkan gelak tawa.

  • Contoh Pantun Kocak 3

Hari raya memasak rendang

Memasaknya dengan kacap bango

Murid sok pintar, beda dipandang

Giliran ditanya malah plonga-plongo

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: murid yang sok pintar dikatakan sebagai murid beda dipandang. Namun, ketika murid tersebut diberi pertanyaan maka dia justru tidak bisa menjawabnya.

  • Contoh Pantun Kocak 4

Stroberi mangga apel

Sorry gak level

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: pantun satu ini hampir sama dengan sebelumnya berkaitan dengan ejekan yang biasanya ditujukan kepada teman yang sudah dekat.

  • Contoh Pantun Kocak 5

Adik tertawa gembira riang

Melihat teman salah belok ke kiri

Pergi berlayar di tanah seberang

Pulang-pulang sudah beranak istri

Contoh pantun jenaka dan maknanya 6: pantun jenaka satu ini memiliki kelucuan pada bagian isi. Bagian tersebut menceritakan bahwa seseorang yang pergi merantau sangat dimungkinkan ketika pulang nanti sudah membawa anak dan istrinya.


Contoh Pantun Lucu buat teman

Pantun lucu juga biasa digunakan untuk berinteraksi dengan teman. Biasanya pantun lucu buat teman dilontarkan dalam keadaan santai.

Contoh pantun lucu buat teman sering ditujukan untuk mengakrabkan sekaligus mencairkan suasana. Aapalagi kehadiran contoh pantun lucu atau jenaka dapat mencairkan suasana di tengah rasa suntuk selama #dirumahaja.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 1

Bread is roti

Coral is karang

Before you mati

Better you sembahyang

Contoh pantun lucu buat teman dan maknanya 1: pantun tersebut berisi kelucuan karena memadukan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu, ada isi berupa nasihat yang disampaikan melalui larik ketiga dan keempat.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 2

Beli kremesan di deket Solo Balapan

Truk aja gandengan, lah kamu kapan?

Contoh pantun lucu buat teman dan maknanya 2: berisi pertanyaan, tetapi juga bisa jadi sebuah ejekan ketika orang yang mendapatkan pantun tersebut memang belum memiliki gandengan.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 3

Ikan hiu pandai berenang

Ikan nila cuma melamun

Obat tidur harus dibawa dengan tenang

Kalau tidak nanti dia terbangun

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: pantun tersebut berisi himbauan agar seseorang membawa obat tidur dengan tenang agar obat tidur tersebut tidak terbangun. Pertanyaannya sekarang apakah obat tidur berarti makhluk hidup yang sedang tidur? Tentunya bukan.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 4

Men sana

in corpore sano

gue maen ke sana,

elo maen ke sono!

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: pantun ini memiliki perintah kepada temannya agar bermain secara terpisah, yang satu ke sana, yang satu ke sono.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 5

Ikan hiu lagi berantem

Ada-ada aja si lu, hmmmm

Contoh pantun jenaka dan maknanya 5: pantun singkat tersebut sangat cocok diberikan pada teman ketika menanggapi cerita atau ulah seorang teman yang terkesan mengada-ada.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 6

Di sini bingung, di sana linglung

Ini pantun, ternyata gak nyambung

Contoh pantun jenaka dan maknanya 6: pantun semacam ini memang agak kurang jelas karena keadaan pantun yang sebenarnya sudah sesuai dengan kaidah. Namun, isinya dikatakan tidak nyambung.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 7

Jalan kaki ke pasar rebo

Ettdah jauh broo

Contoh pantun jenaka dan maknanya 7: pantun jenaka 7 ini sangat tepat dikirim ke seorang teman. Pantun tersebut digunakan sebagai tanggapan terhadap pernyataan teman yang relevan dengan isi pantun tersebut.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 8

Si ijah belah blewah

Wah wah wah

Contoh pantun jenaka dan maknanya 8: pantun satu ini agak kurang jelas karena isinya hanya ‘wah wah wah’. Namun, syarat-syarat pembuatan pantun sudah terpenuhi dalam pantun tersebut.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 9

Daun tales, buah kedondong

Bales chat guwe dong

Contoh pantun jenaka dan maknanya 9: pantun satu ini menuntut seseorang agar mau membalas chat-nya. Penyampaian menjadi lucu dan mernarik ketika dikemas dalam sebuah pantun.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 10

Ke pasar, nyari obat gatal

Dasar, gak modal!

Contoh pantun lucu buat teman dan maknanya 10: pantun ini sangat cocok ditujukan pada teman yang sudah sangat akbrab. Ujaran yang digunakan menandakan bahwa si A merasa biasa dengan ujaran tersebut.

Berbeda cerita jika si A dan si B tidak memiliki kedekatan yang erat pasti pantun seperti itu akan menyinggung perasaan.


Itu tadi berbagai macam contoh pantun jenaka yang bisa Anda jadikan referensi.

Kehadiran pantun jenaka, pantun lucu, pantun kocak, pantun gokil entah singkat dalam dua baris atau pun lengkap dalam empat baris memang selalu berhasil memunculkan tawa di tengah-tengah interaksi dengan orang lain.

Selamat mengekspresikan berbagai pantun kocak versimu, yah!

Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Ingin mengetahui lebih dalam mengenai ciri-ciri teks eksplanasi, definisi, tujuan, dan contoh nyatanya? Simak tulisan ini selengkapnya!

contoh teks eksplanasi
Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Contohnya | Via : Unsplash.com

Teks eksplanasi merupakan salah satu bentuk karangan yang kerap kita jumpai, baik di media cetak maupun elektronik.

Berbeda dengan teks deskripsi yang hanya menggambarkan suatu peristiwa, teks eksplanasi mengulas tentang sebab terjadinya yang disertai dengan fakta-fakta ilminah. Contoh teks eksplanasi sering dimuat pada kolom sains dan teknologi.

Sama halnya dengan jenis teks lainnya, teks eksplanasi ini juga memiliki ciri-ciri khusus, jenis, struktur, dan tujuan. Dalam artikel kali ini, kami akan kami berikan penjabaran sekaligus contoh teks eksplanasi.

  • Pengertian teks eksplanasi
  • Tujuan teks eksplanasi
  • Ciri-ciri teks eksplanasi
  • Struktur teks eksplanasi
  • Contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam
  • Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial

Pengertian teks eksplanasi

Apa itu teks eksplanasi? Pengertian teks eksplanasi adalah sebuah tulisan yang menerangkan tentang proses terjadinya suatu peristiwa, penyebab, dan akibat yang ditimbulkan.

Peristiwa yang dapat ditulis menjadi teks eksplanasi ini beragam, bisa peristiwa alam, sosial, budaya, sains, dan yang lainnya. Hal terpenting dalam pengertian teks eksplanasi ini adalah adanya hubungan sebab-akibat dari suatu peristiwa.

Tujuan teks eksplanasi

Sejalan dengan pengertian teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi adalah menjelaskan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi.

Jadi, teks ini bersifat informatif tanpa adanya unsur membuat pembaca terpengaruh oleh apa yang dijabarkan. Dengan adanya contoh teks eksplanasi, pembaca dapat memetik pelajaran mesti tidak merasakan sendiri kejadiannya.

Ciri-ciri teks eksplanasi

Agar lebih memahami tentang teks eksplanasi, Anda bisa mempelajari ciri khas dari teks tersebut. Ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  1. Terdiri atas pernyataan umum, sebab secara urut, dan interpretasi.
  2. Menyajikan informasi yang didasari oleh fakta ilmiah.
  3. Terdapat urutan, misalnya dengan kata “pertama, kedua, dan selanjutnya, dan terakhir”
  4. Hanya sebatas memberikan informasi tanpa adanya unsur mempengaruhi pembaca.

Struktur teks eksplanasi

Struktur teks eksplanasi adalah pernyataan umum, urutan sebab, dan interpretasi. Ketiga hal ini wajib ada pada contoh teks eksplanasi.

  1. Pernyataan umum

Struktur teks eksplanasi dimulai dari adanya pernyataan umum sebagai pembuka bacaan. Pernyataan umum ini berisi tentang peristiwa yang akan diulas pada paragraf-paragraf selanjutnya.

  1. Urutan sebab

Urutan kedua dari struktur teks eksplanasi adalah rangkaian dari sebab peristiwa. Bagian ini dibuat secara runtut agar pembaca mudah dalam memahami sebab terjadinya suatu peristiwa.

  1. Interpretasi

Struktur teks eksplanasi yang ketiga adalah interpretasi, yaitu kesimpulan dari apa yang dibahas dalam tulisan.


Contoh Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui ciri-ciri teks eksplanasi, definisi, tujuan, dan penjelasan lengkapnya, selanjutnya akan kami berikan beberapa contohnya untuk Anda.

#1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Alam

Contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam ini bermacam-macam, seperti banjir, rumah roboh, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan lain sebagainya.

Kali ini, kami akan memberikan contoh teks eksplanasi tentang musibah banjir. Jangan lupa, tujuan teks eksplanasi ini adalah untuk memberikan informasi mengenai penyebab banjir.

Pernyataan umum:

Indonesia merupakan salah satu negara yang kerap dilanda banjir. Menurut pengertian, banjir adalah meluapnya aliran air hingga pada ketinggian tertentu dari permukaan tanah dan memberikan dampak negatif pada makhluk hidup di sekitarnya.

Urutan Sebab-akibat:

Menurut ilmu pengetahuan alam, banjir disebabkan oleh dua faktor yaitu alam dan non-alam. Secara alamiah, banjir terjadi ketika curah hujan tinggi melebihi kapasitas daerah tangkapan air. Pada dasarnya, air hujan tersebut akan diserap oleh tanah. Penyerapan bisa lebih baik apabila terjapat akar tumbuhan.

Faktor penyebab banjir yang non-ilmiah adalah karena tangan manusia seperti membuang sampah pada aliran sungai. Sampah-sampah yang menggunung ini akan menyumbat laju air sehingga meluap pada daerah tertentu.

Kedua, penggundulan hutan atau penebangan pohon sembarangan sehingga daerah resapan air menjadi berkurang. Bahkan, di kota-kota besar sudah penuh dengan lantai beton sehingga air tidak dapat meresap ke dalam tanah.

Interpretasi:

Banjir bisa terjadi dari ulah manusia yang membuang sampah sembarangan dan menebang pohon sehingga pada saat curah hujan tinggi, daerah tangkapan air tidak mampu menyerap.

Dampak dari banjir ini bisa sangat luas, seperti kerusakan rumah dan harta benda manusia, kerusakan tanaman dan ternak, ekonomi macet, serta timbulnya penyakit kulit dan diare.

#2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Fenomena Sosial

Untuk membuat contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial, Anda harus ingat tentang ciri-ciri teks eksplanasi, yaitu hanya bersifat informatif tanpa ada unsur mempengaruhi pembaca.

Pernyataan umum:

Kemiskinan merupakan fenomena yang ditemui di setiap negara, termasuk Indonesia. Angka kemiskinan di Indonesia memang semakin menurun setiap tahunnya, namun itu tidak berarti Indonesia telah mampu mengentaskan kemiskinan. Padahal, negara telah melakukan beragam upaya untuk mengentaskan kemiskinan ini, mulai dari pemberian bantuan tunai, memperbanyak lapangan kerja, meningkatkan Pendidikan, serta mengoptimalkan pemberdayaan pada sektor UMKM.

Sebab:

Kemiskinan sendiri terjadi karena berbagai faktor yang saling berkaitan satu sama lain. Faktor pertama adalah kurangnya lapangan kerja. Bila lapangan kerja tidak ada atau sangat minim, bagaimana seseorang bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya? Hal yang terjadi berikutnya adalah angka pengangguran semakin tinggi yang diikuti dengan kemerosotan daya beli.

Apabila seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, maka mereka juga akan mengabaikan pendidikan. Padahal, Pendidikan menjadi faktor penting dalam mengentaskan kemiskinan. Orang yang berpendidikan diharapkan mampu berpikir kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungannya menjadi bernilai.

Faktor ketiga penyebab kemiskinan yang meluas adalah adanya kerusuhan, peperangan atau politik yang tidak stabil. Faktor keempat adalah adanya pandemik penyakit yang menyebabkan berbagai aktivitas berhenti total.

Interpretasi:

Berbagai faktor di atas saling menunjang kemiskinan sulit untuk dientaskan. Apabila ingin menekan angka kemiskinan, maka semua faktor yang penyebabnya harus ditiadakan. Tentu ini bukan hanya PR pemerintah saja, tapi juga menjadi kewajibab setiap warga negara untuk berupaya meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Baca juga :

#3. Contoh Teks Eksplanasi tentang Budaya

Budaya Wayang Kulit yang Semakin Minim Penonton

Pernyataan umum:

Wayang kulit sebagai budaya asli Indonesia, khususnya daerah Jawa dan Bali, kini semakin ditinggalkan oleh penontonnya. Dulu, kegemaran menonton wayang kulit menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun, dewasa ini keberadaan wayang kulit seolah kalah dengan film-film modern, baik dari dalam maupun luar negeri.

Sebab:

Menurunnya peminat wayang kulit ini bukan tanpa alasan. Dengan berkembangnya teknologi audio-visual, maka manusia bisa membuat film-film tiga dimensi yang lebih bagus dari kualitas gambar maupun warna. Ditambah lagi dengan seni koreografi, fotografi, videografi, teater, dan sastra yang turut menunjang kehebatan film-film modern.

Budaya wayang kulit semakin tersisihkan manakala pemerintah tidak memberikan ruang yang cukup bagi generasi muda untuk mengenalnya. Sekarang ini, pelajaran tentang seni pewayangan dianggap kurang penting dan cenderung diabaikan. Padahal, untuk budaya adalah jati diri kita meskipun tidak berdampak langsung pada kehidupan ekonomi.

Interpretasi :

Budaya wayang kulit yang semakin ditinggalkan penontonnya ini disebabkan oleh dua hal, yaitu kemajuan bidang teknologi dan seni yang mengusung film-film baru dengan kualitas unggul, serta kurangnya perhatian pemerintah dalam mengenalkan budaya bangsa pada generasi muda. Meski demikian, sebenarnya budaya wayang kulit ini masih memiliki penggemar tersendiri.


Itulah penjelasan pengertian teks eplanasi, struktur, tujuan, dan contoh teks eksplanasi mengenai fenomena alam dan sosial.

Sebenarnya masih banyak contoh teks eksplanasi lain seperti peristiwa lunturnya budaya, fenomena tanah bergerak, atau semburan air dari dalam tanah. Lain waktu, kami akan memberikan contoh teks eksplanasi lagi yang bisa Anda gunakan untuk referensi.

Kami berharap setelah membaca tulisan ini Anda memahami apa itu teks eksplanasi dan bisa membuat teks eksplanasi sendiri.

Semoga bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Makalah; Pengertian, Fungsi, dan Teknik Penulisan

Kata pengantar merupakan salah satu elemen dalam makalah yang mau tidak mau harus Anda sertakan di dalamnya. Di sini kami akan bagikan cara penulisan dan contoh kata pengantar makalah yang bisa Anda jadikan referensi.

Teknik Penulisan dan Contoh Kata Pengantar Makalah
Teknik Penulisan dan Contoh Kata Pengantar Makalah | Sumber : Pexels

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah ungkapan penulis yang terdiri atas ucapan syukur, tujuan serta manfaat dari tulisan yang melatarbelakangi kata pengantar tersebut.

Penulis juga dapat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pihak-pihak yang telah membantu. Kata pengantar juga berisi harapan penulis untuk memperoleh kritik dan saran terhadap karya yang telah dibuat demi perbaikan karya-karya selanjutnya.

Kata pengantar biasanya disajikan di halaman pertama pada sebuah makalah atau karya tulis. Kata pengantar yang diletakkan pada halaman pertama sebuah makalah atau karya tulis memiliki tujuan khusus.

Tujuannya yaitu untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca bahwa penulis telah melewati banyak hal dalam myelesaikan karyanya tersebut. Selain itu juga memberi tahu pembaca bahwa penulis telah melibatkan kontribusi banyak pihak dalam menyusun atau menulis makalah tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pengantar terdiri dari dua kata dasar yaitu kata dan pengantar atau antar. Pengantar merupakan salah satu jenis kata benda atau nomina yang memiliki arti pembimbing; orang yang mengantarkan; alat untuk mengantarkan; serta pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan.

Jadi kata pengantar menurut KBBI adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu makalah atau karya tulis.

Fungsi Kata Pengantar

Kata pengantar berfungsi mengantarkan pembaca kepada isi atau uraian yang terdapat di dalam suatu makalah atau karya tulis. Dengan begitu, kata pengantar bukan hanya berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan dan orang-orang yang telah membantu penulis dalam membuat makalah serta permohonan maaf atau kelemahan-kelemahan makalah yang ditulis.

Kata pengantar juga berisi tentang gambaran umum tentang suatu hal yang dibahas dalam makalah tersebut. Bahkan, kata pengantar juga dilengkapi dengan uraian yang mendorong menumbuhkan minat orang lain untuk membaca makalah atau karya tulis kita.

Struktur Kata Pengantar

Pembukaan

Pada bagian pembukaan kata pengantar, paragraf pertama dan kedua, berisikan ucapan syukur penulis atas terselesaikannya makalah atau karya tulis yang telah penulis selesaikan.

Pembukaan dalam kata pengantar yang sering digunakan adalah ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian dilanjutkan dengan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang terlibat atau telah mendukung dalam pembuatan makalah atau karya tulis sehingga dapat terselesaikan.

Isi

Pada bagian isi dalam kata pengantar mengandung gambaran tentang inti dari makalah atau karya tulis yang telah dibuat oleh penulis. Biasanya dimulai dengan menyebutkan judul makalah, kemudian dijelaskan sedikit mengenai pembahasan dan bagaimana penulis menuliskan inti dari permasalahan atau pembahasan tersebut dalam makalah.

Tulislah secara singkat, padat dan jelas pada bagian isi, sehingga dapat membuat penasaran pembaca untuk membaca keseluruhan makalah dan mendapatkan pemahaman yang maksimal dari makalah tersebut.

Penutup

Pada bagian penutup merupakan bagian yang lebih sering  berisi kalimat permintaan maaf penulis jika ada kesalahan dalam penulisan, seperti penulisan gelar, nama, atau isi dari makalah.


Selanjutnya kami akan bagikan beberapa contoh kata pengantar dalam makalah untuk berbagai kebutuhan. Langsung saja ya.

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

Pertama, contoh kata pengantar makalah singkat.

***

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini bisa tersusun hingga selesai. Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang sudah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik berupa pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembacanya. Bahkan tidak hanya itu, kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini si pembaca mempraktekkannya dalam kehidupan sehari – hari.

Kami sadar masih banyak kekurangan didalam penyusunan makalah ini, karena keterbatasan pengetahuan serta pengalaman kami. Untuk itu kami begitu mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 10 Maret 2020

Penulis


Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Kedua, contoh kata pengantar makalah agama sederhana yang bisa Anda jadikan referensi menulis.

***

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita masih tetap bisa menikmati indahnya alam ciptaan-Nya. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada teladan kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama yang sempurna dan menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Penulis sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah yang menjadi tugas pendidikan agama dengan judul memahami zakat dan perhitungannya. Disamping itu, Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselesaikannya makalah ini.

Akhir kata, penulis memahami jika makalah ini tentu jauh dari kesempurnaan maka kritik dan saran sangat kami butuhkan guna memperbaiki karya-karya kami di waktu-waktu mendatang.

Surakarta, 25 Agustus  2019

Penulis


Contoh Kata Pengantar Makalah PKN (Pendidikan Kewarganegaraan)

Yang ketiga, contoh kata pengantar makalah PKN untuk SMP maupun SMA.

***

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT, sehingga kami sanggup menuntaskan pembuatan makalah ini dengan judul “Implementasi Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika”. Terimakasih juga kami ucapkan kepada semua pihak yang telah ikut membantu sehingga dapat tersusunnya makalah ini.

Makalah sederhana ini kami susun dalam rangka memenuhi salah satu kewajiban mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian hak, kewajiban, warga negara, asas kewarganegaraan & hak kewajiban warga negara menurut Undang-undang Dasar 1945. Akhirnya kata kami sampaikan terima kasih atas perhatiannya. Kami berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kami pribadi pada khususnya serta pembaca sekalian pada umumnya.

Akhir kata, tidak ada satupun makhluk yang luput dari kesalahan dan kekurangan. Dengan segala kerendahan hati, saran-saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan dari para pembaca guna meningkatkan kualitas makalah ini dan makalah-makalah lainnya pada waktu mendatang.

Medan, 24 Juli 2020

Penyusun


Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Yang keempat, contoh kata pengantar makalah sejarah di sekolah.

***

KATA PENGANTAR

Puji  syukur  kami  panjatkan  kehadirat  Allah  swt., karena  atas  limpahan  rahmat  dan  karunia – Nya lah  sehingga  kami  dapat  menyelesaikan  Makalah Sejarah  ini  sesuai  waktunya.

Kami  mencoba  berusaha  menyusun  makalah  ini  sedemikian  rupa  dengan  harapan  dapat  membantu  pembaca  dalam  memahami  pelajaran  Sejarah yang  merupakan  judul  dari  Makalah  kami, yaitu  “ASEAN (Association  of  South  East  Asian  Nation)”. Disamping  itu, kami  berharap  bahwa   Makalah Sejarah  ini  dapat  dijadikan  bekal  pengetahuan  untuk  melangkah  ke  jenjang  pendidikan  yang  lebih  tinggi  lagi.

Kami  menyadari  bahwa  didalam  pembuatan  Makalah Sejarah  ini  masih  ada  kekurangan  sehingga  kami  berharap  saran  dan  kritik  dari  pembaca  sekalian  khususnya  dari  guru  mata  pelajaran  PKn  agar  dapat  meningkatkan  mutu  dalam  penyajian  berikutnya.

Akhir  kata  kami  ucapkan  terima  kasih.

Sukabumi, 5 Mei 2018

Penyusun


Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Yang terakhir, contoh kata pengantar makalah Bahasa Indonesia yang bisa Anda gunakan.

***

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala kemampuan rahmat dan hidayah-nya sehingga kami dapat menyelasaikan Tugas Makalah yang berjudul “ PENGERTIAN PARAGRAF, KEGUNAAN DAN JENIS-JENISNYA  pada mata kuliah Microsoft Word. Kehidupan yang layak dan sejahtera merupakan hal yang sangat wajar dan diinginkan oleh setiap masyarakat, mereka selalu berusaha mencarinya dan tak jarang menggunakan cara – cara yang tidak semestinya dan bisa berakibat buruk.

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, serta tak lupa sholawat dan salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SWT  atas petunjuk dan risalah-Nya, dan atas doa restu dan dorongan dari berbagai pihak-pihak yang telah membantu kami memberikan referensi dalam pembuatan makalah ini. Terutama kepada search engine google yang ikut berperan besar dalam pembuatan makalah ini.

Kami dapat menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, oleh karena itu kami sangat menghargai akan saran dan kritik untuk membangun makalah ini lebih baik lagi. Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga melalui makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Semarang, 14 Februari 2018

Penulis


Dari contoh-contoh kata pengantar makalah berbagai keperluan di atas, apakah ada yang ingin Anda tanyakan?

Jangan sungkan untuk menyapa kami via kolom komentar di bawah.

Contoh Surat Resmi; Struktur dan Penjelasannya

10+ Contoh Surat resmi Berbagai Keperluan
5+ Contoh Surat Resmi Berbagai Keperluan | Sumber : Pexels.com

Contoh Surat Resmi; Struktur dan Penjelasannya – Ada berbagai macam surat-menyurat yang digunakan oleh masyarakat baik secara perorangan, instansi, lembaga, ataupun yayasan. Tentunya surat-surat tersebut dibuat dengan beragam kepentingan.

Menilik dari bentuk dan tujuannya, surat dibedakan menjadi dua, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Adapun contoh surat resmi adalah surat undangan, surat pemberitahuan dan surat dinas. Sedangkan surat yang tidak resmi atau bersifat pribadi biasanya diberikan antar perorangan seperti kepada sahabat, keluarga atau kekasih.

Pengertian Surat Resmi

Surat resmi dapat diartikan sebagai alat komunikasi secara tertulis yang dipakai untuk kepentingan resmi. Contoh surat resmi ini adalah surat yang dikeluarkan oleh instansi, organisasi, yayasan, atau perseorangan dengan kepentingan tertentu.

Ciri-ciri Surat Resmi

Adapun hal yang membedakan antara surat resmi dan pribadi dapat dilihat dalam penjabaran berikut ini:

  • Terdapat kop surat (bila dikeluarkan oleh instansi, organisasi atau yayasan)
  • Terdapat nomor, lampiran, perihal dan sifat
  • Salam pembuka dan penutup diberikan secara formal
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku
  • Ditandatangani oleh pengurus atau pejabat
  • Membubuhkan stempel

Bentuk Surat Resmi

Contoh surat resmi terdiri atas beberapa bagian, mulai dari kop surat di bagian paling atas hingga nama terang yang paling bawah. Ada surat resmi yang hanya satu lembar saja, tapi ada juga yang disertai lampiran-lampiran. Hal ini tergantung pada isi dan kepentingan surat.

Bila ingin membuat surat resmi, Anda bisa menyusun dengan struktur surat resmi berikut ini:

  • Kop Surat

Dalam contoh surat resmi, kop surat berisi nama instansi, organisasi, dan yayasan yang membuat surat tersebut. Nama tersebut harus ditulis dengan huruf besar.

Setelah nama, tuliskan alamat sekretariat instansi, lembaga, organisasi atau yayasan. Anda bisa memakai huruf besar dan kecil (dipadukan).  Pada bagian kiri kop surat biasanya terdapat logo.

  • Nomor, lampiran, Hal

Nomor surat diurutkan dari surat keluar pada pada satu periode. Lampiran dalam contoh surat resmi berisi jumlah lembar yang ada di belakang surat. Lampiran tidak selalu ada pada surat resmi. Hal adalah isi surat secara garis besar. Contohnya; undangan, pemberitahuan, laporan, dan lainnya. Bila suratnya bersifat sangat penting, di bagian bawah hal bisa dituliskan memo “sifat : penting”.

  • Tanggal Surat

Pada bagian ini dicantumkan tanggal penulisan surat. Letaknya di sebelah kanan surat, segaris dengan nomor. Anda bisa melihat langsung pada contoh surat resmi di ulasan selanjutnya.

  • Tujuan (Nama dan Alamat)

Tepat di bawah perihal pada contoh surat resmi dicantumkan nama dan alamat yang dituju. Biasanya, sebelum menuliskan nama dan alamat didahului dengan kata “Kepada Yth”.

  • Salam Pembuka

Urutan contoh surat resmi berikutnya adalah salam pembuka. Salam pembuka ini ditulis dengan kata “dengan hormat, Assalamu’alaikum, salam sejahtera”. Jangan lupa bubuhkan tanda koma di akhir salam pembuka.

  • Isi Surat

Isi surat resmi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembukaan, isi dan penutup. Pada beberapa surat yang isinya ringkas, pembukaan dan isi dijadikan dalam satu alinea.

Bagian isi dari contoh surat resmi ini harus menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan. Bahasa yang dipakai sebaiknya mudah dipahami agar tidak menyebabkan multitafsir.

  • Salam Penutup

Terakhir, ada salam penutup yang kemudian dibubuhkan nama terang, tanda tangan dan stempel.

Setelah membaca tentang materi surat resmi di atas, Anda mungkin telah mendapatkan gambarannya. Untuk lebih memahami lagi, silahkan simak contoh surat resmi dengan berbagai kepentingan berikut ini.



5+ Contoh Surat Resmi berbagai Keperluan

Tanpa berlama-lama lagi, silakan simak contoh-contoh surat resmi untuk bermacam-macam kepentingan di bawah ini.

#1. Contoh Surat Undangan Resmi

Surat undangan resmi sifatnya mengundang orang untuk hadir ke instansi tertentu atau untuk menghadiri acara formal. Bahasa yang dipakai dalam contoh surat resmi undangan adalah bahasa baku.

Acara pada surat undangan ini bisa bermacam-macam seperti rapat guru, rapat anggota pencaksilat, undangan wawancara, undangan untuk menghadiri peresmian gedung, dan sebagainya. Berikut ini contoh surat undangan resmi tentang acara rapat karang taruna dan rapat orang tua wali.


Contoh surat undangan resmi #1

Yang pertama adalah contoh surat resmi untuk keperluan undangan.

KARANGTARUNA MANGESTI LUHUR

Dusun Gontoloyo, RW 15, Desa Geprak, Kabupaten Wonogiri


Nomor             : 23/KRGTRN.ML/X/2010                            Geprak, 20 Oktober 2010

Lampiran         : –

Perihal             : Undangan

 

Kepada Yth.

Saudara/saudari………………….

Anggota Karangtaruna Mangesti Luhur

Di tempat

 

Hormat kami,

Salam silaturahim bagi saudara/saudari anggota Karangtaruna Mangesti Luhur yang dirahmati Tuhan YME. Semoga saudara semua dalam keadaan sehat wal’afiat dan dalam lindunganNya.

Sehubungan dengan banyaknya program kerja yang akan dilaksanakan pada bulan November, maka kami mengundang anggota Karangtaruna Mangesti Luhur untuk hadir pada:

Hari                : Sabtu

Tanggal           : 22 Oktober 2010

Waktu             : 19.00 WIB

Tempat            : Balai RW 15 Dusun Gontoloyo, Desa Geprak

Keperluan        : Rapat bulanan

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran saudaara kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

Ketua                                                                                                  Sekretaris

 

 

(Santoso)                                                                                                    (Ali Rahman)



Contoh surat undangan resmi #2

TAMAN KANAK-KANAK IT CERAH CERIA

Alamat : Jalan Pattimura No.23, Bharata, Semarang Kabupaten


Nomor             : 02/TK.CC/VII/2018                         Bharata, 17 Juli, 2018

Lampiran         : –

Perihal :Undangan Pertemuan

 

Kepada Yth.

Wali Murid……………….

TK Cerah Ceria

Di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Sehubungan dengan akan berakhirnya tahun pelajaran 2017/2018, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu wali murid TK Cerah Ceria untuk hadir dalam rapat akhir tahun pelajaran yang akan dilaksanakan pada:

Hari                 : Selasa

Tanggal           : 20 Juli 2018

Waktu             : 08.00 WIB

Tempat            : TK IT Cerah Ceria, Bharata, Semarang Kabupaten

Demikian suat undangan ini kami buat. Atas perhatian dan kehadiran Bapak/ Ibu semua, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

 

Kepala Sekolah

TK IT Cerah Ceria

 

 

(Sulasmi, S.Pd.AUD)



#2. Contoh Surat Dinas Resmi

Surat dinas termasuk dalam kategori surat resmi yang dibuat oleh instansi pemerintah ataupun swasta. Contoh surat resmi dinas ini berisi penugasan, surat izin, surat pemberitahuan, surat permohonan, dan sebagainya.

Adapun struktur dan kebahasaan surat dinas hampir sama dengan surat resmi lainnya. Contoh surat resmi dinas ini biasanya berfungsi sebagai instruksi/ perintah kepada karyawan, pemberian izin,  sebagai alat bukti, dan dokumentasi.

#2.1 Contoh Surat Dinas Resmi Penugasan

LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

KELOMPOK BERMAIN “KHADIJAH”

Desa Plangasri Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar

Telp: 0823456782 Kode Pos:57752


SURAT PENUGASAN

TENAGA OPERATOR SEKOLAH

TENAGA PENDATAAN DATA POKOK PENDIDIKAN PAUD DIKMAS

PADA KB KHADIJAH

TAHUN AJARAN 2020/2021

Nomor : 421.1/04/KB KDJ/VII/2020

 

Yang bertandatangan dibawah ini :

Nama         : Ernawati, S.Pd.I

NIP            : –

Jabatan    : Kepala Sekolah

Dengan ini menugaskan kepada:

1.NamaRumini, S.Pd.I
2.Jenis KelaminPerempuan
3.Pendidikan TerakhirS1
4.NUPTK0645 7656 6621 0112
5.Tempat Tanggal LahirKaranganyar, 13 Maret 1979
6.NIK3313122403870345
7.AgamaIslam
8.StatusMenikah
9.AlamatSukalama, Rt.01/ RW.02, Plangsari, Mojogedang, Karanganyar
10.Status KepegawaianGTY
11.NIP
12.Jabatan di SekolahGuru Kelas & tenaga administrasi sekolah
13.e-mail login SDM/DAPODIKrumini@gmail.com
14.No.Telp/HP083135690031

 

  1. Yang bersangkutan ditunjuk sebagai petugas/ Admin Operator Data Pokok Pendidikan PAUD DIKMAS yang terintegrasi dengan pangkalan data kemendikbud pada satuan kerja dinas pendidikan Kabupaten Karanganyar untuk tahun pelajaran 2020/2021.
  2. Dalam melaksanakan tugasnya, Admin Operator Data Pokok Pendidikan PAUD-DIKMAS Kelompok Bermain (KB) Khadijah, bertanggung jawab kepada kepala sekolah KB Khadijah.

Demikian Surat Penugasan ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

 

Karanganyar,  01 Juli 2020

Kepala Sekolah

              KB Khadijah

 

 

                                                                                                       ERNAWATI, S.Pd.I



#2.2 Contoh Surat Dinas Resmi Rekomendasi

PT ARDINA PUTRA

Jalan Lohsari No.35 Kota Semang

Telp.(0271) 675 730


SURAT REKOMENDASI

No       : 239/020/PAP/I/2017

 

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama                      : Muslima Suhadi, SE

Jabatan                   : Diretktur PT.Ardina Putra

Menerangkan bahwa :

Nama                      : Rasya Ernawan

Tempat, Tanggal Lahir : Madiun, 23 Maret 1996

Alamat                   : Jl. Raya Mardiga-Madiun

Nama tersebut diatas telah menyelesaikan masa kerja di PT.Ardina Putra sejak tanggal 30 Maret 2017 dengan jabatan sebagai operator tenun.

Selama bekerja di perusahaan tergolong karyawan yang berperilaku baik, rajin dan jarang melakukan pelanggaran. Untuk itu, surat ini dapat dipergunakan sebagai bentuk rekomendasi kepada perusahaan tempat saudara Rasya Ernawan bekerja selanjutnya.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 

Kota Semang, 1 April 2017

Direktur PT.Ardana Putra

Muslima Suhadi, SE



#2.3 Contoh Surat Dinas Resmi Memorandum

Contoh surat resmi memorandum ini dipakai untuk mengingatkan akan adanya acara penting. Biasanya dipakai secara personal dari atasan kepada bawahan.

SMA TRIMULYA

Jl. Raya Agung – Madiun

Telp. (021) 345672 Email : smattrm@gmail.com


MEMORANDUM

Nomor : 345/TRM/I/2019

Dari       : Kepala Sekolah

Kepada : Kepala Bagian Tata Usaha

Saya bermaksud mengadakan diskusi dengan Anda terkait pembuatan rencana anggaran Dana Operasional Sekolah. Sebagai bahan pertimbangan, saya minta Anda membawa berkas proposal BOP tahun lalu dan rencana anggaran sekolah tahun ini. Diskusi akan dilaksanakan nanti pukul 13.00 WIB. Sekian terimakasih.

 

Madiun, 10 Januari 2019

Kepala Sekolah

Rosyid Nur H, M.Pd.



#2.4 Contoh Surat Dinas Resmi Pemberitahuan

Contoh surat resmi ini digunakan dengan tujuan mengumumkan sesuatu kepada para karyawan seperti hari libur, perubahan jam kerja, adanya lembur, kebijakan baru, dan sebagainya.

Contoh Surat Dinas Resmi Pemberitahuan #1

PT.PELITA SEJAHTERA

Jl.Trunojoyo – Magetan

Telp. (0231) 354674 Email : ptpelitasejahtera@yahoo.com


 

Nomor                 : 023/PS/OT/X/2017

Perihal                 : Pemberitahuan Libur

Lampiran            : –

 

Kepada Yth.

Seluruh Karyawan dan Staff P.PELITA SEJAHTERA

Di tempat

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya kerusakan beberapa mesin sekaligus pengecekan arus listri, maka diberitahukan kepada seluruh staff dan karyawan PT.Pelita Sejahtera bahwa pada hari Kamis, 17 Oktober 2017 libur. Seluruh karyawan kembali masuk pada hari Jum’at, 18 Oktober 2017 menurut jadwal yang telah tertera.

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan. Harap dijadikan perikasa. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

 

Magetan, 16 Oktober 2017

Pimpinan PT. PELITA SEJAHTERA

 

Kairudin Muhari



Contoh Surat Dinas Resmi Pemberitahuan #2 

PIMPINAN CABANG AISYIYAH SUKARSARI

KB  “AISYIYAH” SUKARSARI

DESA GUNTAR KECAMATAN SUKARSARI KABUPATEN KARANGANYAR

Alamat : Dusun Ngasem, Guntar, Sukarsari, Karanganyar


 

Nomor : 341.1/ 09/ KB ASY/ V/ 26                                       Kepada

Lamp   : –                                                                                 Yth.Wali Murid dari……………

Hal      : Edaran Pembayaran                                                  di Tempat

Administrasi Akhir Tahun

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

Sehubungan dengan program pengembangan PAUD,  maka kami beritahukan bahwa sekolah mengadakan kegiatan renang pada:

Hari/ Tanggal              : Jumat, 28 Mei 2026

Berangkat                    : dari PAUD Aisyiyah  pukul 07.00  WIB

Tempat                        : Intanpari Karanganyar

Biaya                           : Rp. 55.000-,/ anak

Akomodasi                  : 1 (satu)  Bis

Catatan                        :

  1. Membawa perlengkapan mandi dan baju ganti + minum
  2. Setiap anak wajib mengikuti kegiatan ini
  3. Bagi yang tidak ikut tetap membayar biaya transport

 

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan. Atas partisipasi dan kerjasamanya, Kami ucapkan terimakasih.

 

Wassalamu’alaikum, Wr.Wb

Gebyog, 26 Mei 2026

Kepala KB Aisyiyah Sukarsari

 

Ratnasari, S.Pd.I



#2.5 Contoh Surat Resmi Sekolah Undangan

YAYASAN ISLAM MUSLIMAH

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL HUDA

Alamat : Ngasinan, Gebyog, Mojolaban


Nomor : 561.1/ 30/SDAL-HD/ XII/ 2018                  Gebyog, 10 Desember 2018

Hal      :  Undangan                                                    Kepada

                                                                                    Yth. Wali Murid SD AL HUDA

                                                                                    Di tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb

 

Sehubungan telah selesai pembelajaran semester I tahun ajaran 2018/2019, maka kami mengharap kehadiran Bapak/ Ibu wali murid SD Al Huda besuk pada:

Hari/ Tanggal              : Kamis, 13 Desember 2018

Pukul                           : 08.00  WIB

Tempat                        : Aula SD Al Huda

Keperluan                    : Pengambilan hasil perkembangan anak

Syarat Pengambilan    : Lunas SPP dan uang makan sampai bulan Desember

 

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan. Atas kehadiran dan kerjasamanya, Saya ucapkan terimakasih.

 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

 

Hormat Saya,

Kepala SD Al Huda

Riyanti, S.Pd I



#2.6 Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah Permohonan Izin

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM

BINA BAKTI WANITA KABUPATEN KARANGANYAR

TK AL-FAJAR

Gadonrejo RT.08/RW.10, Gebyog, Mojogedang,

 Kab. Karanganyar, Kode Pos 57752


 

No       : 421.1/038/KB.NHMNU/VII/2020

Hal      : Permohonan Izin Lingkungan

 

Kepada Yth.

  • Bapak Ketua RW 12 Dusun Gadonrejo, Gebyog, Mojogedang
  • Bapak Ketua RT 02 Dusun Gadonrejo, Gebyog, Mojogedang

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Doa dari kami semoga Bapak, Ibu, Saudara beserta keluarga berada dalam keadaan sehat dan dikaruniai rahmat dan berkah dari Allah SWT. Aminn.

Dengan ini kami Pengurus Pendidikan Anak Usia Dini Nur Huda Muslimat NU mengajukan permohonan izin pada Bapak untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di PAUD Nur Huda dengan persyaratan yang sudah terpenuhi, yaitu:

  1. Tersedia fasilitas untuk melaksanakan pembelajaran sesuai protokol kesehatan (masker, tempat cuci tangan, handsanitizer, face shield, dsb)
  2. Proses pembelajaran sesuai dengan protokol kesehatan (menjaga jarak, pembatasan waktu, dsb)
  3. Pembatasan jumlah murid dalam satu kali tatap muka.

 

Demikian permohonan izin ini kami ajukan. Atas persetujuan yang diberikan, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

 

Ketua RT 02                           Ketua RW 12                                      Kepala Sekolah

PAUD Nur Huda MNU

 

 

 

(…………………………)          (……………………….)                      (Erma Yulianti, S.Pd.I)



#2.7 Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah Permohonan

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

KELOMPOK BERMAIN “AZ-ZAHRA”

Alamat : Karangtulo, RT.02/RW11, Desa Gading, Kecamatan Kaliboto Kabupaten Karanganyar


Karaganyar, 5 Oktober 2017

Nomor             : 441.1/03/PAUD-AZ/X/2017

Lampiran         : –

Perihal             : Permohonan NPSN PAUD

 

Kepada:

Yth, Kepala Dinas Pendidikan

Kabupaten Karanganyar melalui

Kepala Bidang Paud dan Dikmas

Karanganyar

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama             :Ratih,  S.Pd.I

Jabatan          :Kepala PAUD

Nama PAUD    :AZ-ZAHRA

Alamat           : Karangtulo, RT.02/RW11, Desa Gading, Kec.Kaliboto Kabupaten

Karanganyar

Nomor izin/tanggal :441.1/S/43.2/Tahun2016

Bahwa PAUD kami telah berjalan sejak tanggal 01 Januari 2016 sampai dengan sekarang, dengan jumlah pengelola 1 orang, tenaga pendidik 1 orang, serta jumlah murid belajar sebanyak 16 orang.

Bersama surat ini, kami mengajukan permohonan NPSN untuk PAUD kami, sebagai syarat pengajuan NPSN lembaga PAUD telah terdata pada aplikasi pendataan online PAUDNI, dan kami bertanggung jawab atas kebenaran data satuan PAUD yang kami ajukan.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

 

PAUD/KB AZ-ZAHRA

Kepala,

 

 

                                                                                          (Ratih, S.Pd.I)


Itulah tadi contoh surat resmi dengan berbagai bentuk, tujuan, dan acara. Inti dalam pembuatan surat resmi adalah penggunaan struktur, bahasa baku dan isinya singkat, jelas, dan padat. Semoga bermanfaat.