Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya

20+ Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya – Tentu hampir semua orang pernah mendengarkan kata ‘pantun’. Lantas, apa yang ada di benak Anda ketika mendengarnya?

Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya
20+ Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya | Sumber : Unsplash

Bisa jadi berbagai contoh pantun yang akhir-akhir ini sering beredar di sosial media Instagram. Bisa juga yang terbayang adalah kejelian saat merangkai contoh pantun dan keseruan ketika berbalas pantun.

Apa itu Pantun?

Sadikin (2011: 15) memaparkan pengertian pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara.

Secara umum pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), setiap baris terdiri dari rata-rata enam hingga dua belas suku kata, serta bersajak akhir dengan pola a-b-a-b (tidak boleh a-a-a-a atau a-b-b-a).

Mulanya pantun merupakan sastra lisan, tetapi saat ini pantun juga dijumpai dalam wujud tertulis. Tradisi mengujarkan pantun telah lama berlangsung terutama di Melayu.

Masyarakat Melayu bisa saling berbalas contoh pantun dengan lancar saking terbiasanya merangkai pantun.

Tidak semua contoh pantun terdiri dari empat baris. Ada juga contoh pantun dengan dua baris, tetapi ketentuan mengenai sajak tetap sama.

Pantun dengan dua baris dibagi ke dalam dua bagian, yaitu sampiran pada baris pertama dan isi pada baris kedua. Penyampaian dalam pantun dua baris pun lebih ringkas dan lugas.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pantun memiliki dua bagian, yaitu: sampiran dan isi. Sampiran terletak pada dua baris pertama, sedangkan isi terletak pada dua baris berikutnya (baris tiga dan empat).

Inti atau pesan yang ingin disampaikan dalam sebuah pantun berada pada isi. Sampiran berguna sebagai pengantar sehingga tidak berkaitan dengan isi.

Jenis-jenis Pantun

Pantun memiliki beragam jenis yang dibagi sesuai dengan pesan yang disampaikan dari setiap contoh pantun. Beberapa jenis pantun, antara lain:

  • pantun adat,
  • pantun agama,
  • pantun budi,
  • pantun kepahlawanan,
  • pantun kias,
  • pantun nasehat,
  • pantun percintaan,
  • pantun peribahasa,
  • pantun perpisahan,
  • pantun teka-teki, serta
  • pantun jenaka.

Jenis pantun yang terakhir di atas akan diulas lebih lanjut dalam artikel ini.

Jika membicarakan tentang pantun saat ini, maka tidak akan asing lagi dengan keberadaan pantun. Pantun jenaka disebut juga sebagai pantun lucu.

BACA :  Contoh Resume & Review Jurnal Beserta Jurnalnya

Sesuai dengan namanya, contoh pantun jenaka selalu memiliki isi yang menghibur karena nilai kelucuan yang terkandung di dalamnya.

Contoh Pantun Jenaka dan Maknanya

Berikut ini beberapa contoh pantun jenaka atau pantun lucu, yakni pantun yang pada bagian isinya mengandung nilai kelucuan sehingga memunculkan gelak tawa bagi pembacanya.

  • Contoh Pantun Jenaka 1

Tamasya keluarga ke Bukit Tinggi

Bersama ayah, ibu juga paman

Kakek tua tak punya gigi

Jika makan langsung kunyah telan

Contoh pantun jenaka dan maknanya 1: makna dalam pantun tersebit berkaitan dengan realitas fisik seorang kakek (orang tua) yang mayoritas sudah tidak lagi memiliki gigi. Namun, keadaan tersebut justru dimanfaatkan sebagai salah satu contoh pantun jenaka. Pantun tersebut tidak dimaksudkan untuk mengolok. Hanya sebatas jenaka yang menyebutkan tentang cara seorang kakek ketika makan.

  • Contoh Pantun Lucu 2

Buah berangan masaknya merah

Kulekati dalam perahu

Luka di tangan nampak berdarah

Luka di hati siapa yang tahu

Contoh pantun jenaka dan maknanya 2: pantun jenaka satu ini agak menyinggung perasaan karena hal yang dibahas adalah hati. Apalagi perbandingannya adalah tangan dengan hati.

  • Contoh Pantun Kocak 3

Sepatu baru dibeli tuan

Sepatu lama diletakkan di gudang

Ngilu hati sembari keheranan

Melihat nenek mengangkut barang-barang

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: ngilu hati dan rasa heran bercampur menjadi satu ekspresi ketika mengetahui nenek mengangkut barang. Pantun tersebut menjadi sesuatu yang lucu mengingat keadaan seorang nenek yang tidak memungkinkan mengangkut barang.

  • Contoh Pantun Lucu 4

Rumah bupati dipenuhi antrean urut

Warga berduyun datang merapat

Kucing terbangun karena terkejut

Melihat tikus pandai bersilat

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: larik keempat dalam pantun tersebut adalah hal yang sangat mustahil. Saking mustahilnya digambarkan dalam larik ketiga bahwa kucing menjadi terbangun karena terkejut mengetahui tikus pandai bersilat.


Contoh Pantun Lucu Singkat

Selain pantun yang berisi empat baris, ada juga pantun yang berisi dua baris. Jenis pantun lucu singkat ini sering digunakan dalam ujaran antarteman yang sudah akrab.

Berikut ini beberapa contoh pantun lucu singkat dua baris, simak yuk!

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 1

Hati siapa tak bimbang

Kepala botak ingin dikepang

Contoh pantun jenaka dan maknanya 1: pantun tersebut berisi ekspresi bingung dan heran jika ada orang botak meminta untuk dikepang. Padahal orang botak jelas-jelas tidak punya rambut. Mana bisa dikepang?

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 2

Fil ngeri bikin merinding

Ga usah marah, ini just kidding

Contoh pantun jenaka dan maknanya 2: isi dari pantun tersebut seperti berusaha untuk membujuk seseorang agar tidak marah. Sebenarnya hal tersebut hanya just kidding atau bercanda.

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 3

Kain perca, kain batik

Ga nyangka, ternyata guwe cantik

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: pantun tersebut ditujukan untuk meninggikan diri atau terlalu percaya diri. Ekspresi percaya diri tersebut dinyatakan larik kedua, yakni pernyataan guwe cantik.

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 4

Buah nangka, buah duren

Dih ga nyangka, ternyata guwe keren

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: sama seperti pantu ketiga. Pantun 4 memiliki nilai kepercayaan diri yang tinggi, yakni menyatakan diri seorang yang keren.

  • Contoh Pantun Lucu Singkat 5

Beli blewah sama tomat

Yaudahlah, bodo amat!!

Contoh pantun jenaka dan maknanya 5: pantun singkat 5 menandakan seseorang sudah tidak lagi peduli dengan hal yang sedang diperbincangkan.

BACA :  Contoh Teks Negosiasi; Pengertian, Struktur, dan Cara Membuatnya

Baca juga :


Contoh Pantun Kocak

Diksi ‘kocak’ lebih sering digunakan untuk menunjuk pada intensitas lucu yang lebih tinggi. Pengertian kocak di KBBI pun disamakan dengan kata lucu dan jenaka.

Kocak menurut KBBI ‘a lucu; jenaka; dia sangat –‘. Sementara itu, kata lucu didefinisikan ‘a menggelikan hati; menimbulkan tertawa; jenaka; cerita ini – sekali; tukang lawaknya tidak –. Langsung saja, berikut ini contoh pantun kocak (beberapa di antaranya juga termasuk ke dalam pantun singkat).

  • Contoh Pantun Kocak 1

Ikan bandeng, makan kawat

Permisi, orang ganteng mau lewat

Contoh pantun jenaka dan maknanya 1: contoh pantun kocak 1 berisi nilai kepercayaan yang sangat tinggi dengan mengatakan bahwa orang ganteng mau lewat.

  • Contoh Pantun Kocak 2

Beli apel di pasar raya

nggak levellah yaaaa

Contoh pantun jenaka dan maknanya 2: pantun jenaka kedua ini biasa digunakan untuk ujaran antarteman. Apalagi hal yang dinyatakan semacam ejekan sehingga memunculkan gelak tawa.

  • Contoh Pantun Kocak 3

Hari raya memasak rendang

Memasaknya dengan kacap bango

Murid sok pintar, beda dipandang

Giliran ditanya malah plonga-plongo

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: murid yang sok pintar dikatakan sebagai murid beda dipandang. Namun, ketika murid tersebut diberi pertanyaan maka dia justru tidak bisa menjawabnya.

  • Contoh Pantun Kocak 4

Stroberi mangga apel

Sorry gak level

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: pantun satu ini hampir sama dengan sebelumnya berkaitan dengan ejekan yang biasanya ditujukan kepada teman yang sudah dekat.

  • Contoh Pantun Kocak 5

Adik tertawa gembira riang

Melihat teman salah belok ke kiri

Pergi berlayar di tanah seberang

Pulang-pulang sudah beranak istri

Contoh pantun jenaka dan maknanya 6: pantun jenaka satu ini memiliki kelucuan pada bagian isi. Bagian tersebut menceritakan bahwa seseorang yang pergi merantau sangat dimungkinkan ketika pulang nanti sudah membawa anak dan istrinya.


Contoh Pantun Lucu buat teman

Pantun lucu juga biasa digunakan untuk berinteraksi dengan teman. Biasanya pantun lucu buat teman dilontarkan dalam keadaan santai.

Contoh pantun lucu buat teman sering ditujukan untuk mengakrabkan sekaligus mencairkan suasana. Aapalagi kehadiran contoh pantun lucu atau jenaka dapat mencairkan suasana di tengah rasa suntuk selama #dirumahaja.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 1

Bread is roti

Coral is karang

Before you mati

Better you sembahyang

Contoh pantun lucu buat teman dan maknanya 1: pantun tersebut berisi kelucuan karena memadukan penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selain itu, ada isi berupa nasihat yang disampaikan melalui larik ketiga dan keempat.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 2

Beli kremesan di deket Solo Balapan

Truk aja gandengan, lah kamu kapan?

Contoh pantun lucu buat teman dan maknanya 2: berisi pertanyaan, tetapi juga bisa jadi sebuah ejekan ketika orang yang mendapatkan pantun tersebut memang belum memiliki gandengan.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 3

Ikan hiu pandai berenang

Ikan nila cuma melamun

Obat tidur harus dibawa dengan tenang

Kalau tidak nanti dia terbangun

Contoh pantun jenaka dan maknanya 3: pantun tersebut berisi himbauan agar seseorang membawa obat tidur dengan tenang agar obat tidur tersebut tidak terbangun. Pertanyaannya sekarang apakah obat tidur berarti makhluk hidup yang sedang tidur? Tentunya bukan.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 4

Men sana

in corpore sano

gue maen ke sana,

elo maen ke sono!

Contoh pantun jenaka dan maknanya 4: pantun ini memiliki perintah kepada temannya agar bermain secara terpisah, yang satu ke sana, yang satu ke sono.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 5

Ikan hiu lagi berantem

Ada-ada aja si lu, hmmmm

Contoh pantun jenaka dan maknanya 5: pantun singkat tersebut sangat cocok diberikan pada teman ketika menanggapi cerita atau ulah seorang teman yang terkesan mengada-ada.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 6

Di sini bingung, di sana linglung

Ini pantun, ternyata gak nyambung

Contoh pantun jenaka dan maknanya 6: pantun semacam ini memang agak kurang jelas karena keadaan pantun yang sebenarnya sudah sesuai dengan kaidah. Namun, isinya dikatakan tidak nyambung.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 7

Jalan kaki ke pasar rebo

Ettdah jauh broo

Contoh pantun jenaka dan maknanya 7: pantun jenaka 7 ini sangat tepat dikirim ke seorang teman. Pantun tersebut digunakan sebagai tanggapan terhadap pernyataan teman yang relevan dengan isi pantun tersebut.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 8

Si ijah belah blewah

Wah wah wah

Contoh pantun jenaka dan maknanya 8: pantun satu ini agak kurang jelas karena isinya hanya ‘wah wah wah’. Namun, syarat-syarat pembuatan pantun sudah terpenuhi dalam pantun tersebut.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 9

Daun tales, buah kedondong

Bales chat guwe dong

Contoh pantun jenaka dan maknanya 9: pantun satu ini menuntut seseorang agar mau membalas chat-nya. Penyampaian menjadi lucu dan mernarik ketika dikemas dalam sebuah pantun.

  • Contoh Pantun Lucu buat Teman 10

Ke pasar, nyari obat gatal

Dasar, gak modal!

Contoh pantun lucu buat teman dan maknanya 10: pantun ini sangat cocok ditujukan pada teman yang sudah sangat akbrab. Ujaran yang digunakan menandakan bahwa si A merasa biasa dengan ujaran tersebut.

BACA :  Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Berbeda cerita jika si A dan si B tidak memiliki kedekatan yang erat pasti pantun seperti itu akan menyinggung perasaan.


Itu tadi berbagai macam contoh pantun jenaka yang bisa Anda jadikan referensi.

Kehadiran pantun jenaka, pantun lucu, pantun kocak, pantun gokil entah singkat dalam dua baris atau pun lengkap dalam empat baris memang selalu berhasil memunculkan tawa di tengah-tengah interaksi dengan orang lain.

Selamat mengekspresikan berbagai pantun kocak versimu, yah!

Leave a Comment