Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri [+DOC]

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja, Organisasi, Guru, Sekola, dll [+DOC] – Berada dalam suatu lingkungan kerja, instansi ataupun organisasi tentu saja Anda pernah merasa tidak nyaman dan tidak cocok dengan lingkungan tersebut.

kumpulan contoh surat pengunduran diri + file doc
Kumpulan Contoh Surat Pengunduran Diri DOC | Via : Unsplash

Ada banyak sekali alasan bagi seseorang ingin mengundurkan diri dari jabatan atau lingkungan yang sedang dinaunginya.

Hal tersebut bisa saja terjadi, mungkin karena berubahnya sistem kerja atau aturan yang berlaku, lingkungan kerja yang menjadi kurang nyaman, atau hal lain.

Tak jarang, orang yang ingin mengundurkan diri mencari contoh surat pengunduran diri.

Apa itu Surat Pengunduran Diri?

Surat pengunduran diri merupakan surat formal yang dibuat seseorang saat ingin keluar dari jabatan atau lingkungan yang sedang dinaunginya.

Surat ini digunakan sebagai syarat administratif dalam mengajukan pengunduran diri dan biasanya surat ini harus sesuai dengan prosedur yang ditentukan di setiap instansi, perusahaan maupun organisasi tertentu.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sehingga tidak menyinggung pimpinan dan dicap sebagai orang yang tidak menghargai tanggung jawab yang sedang diembannya.

Ada beberapa keuntungan bagi instansi, perusahaan maupun organisasi yang bisa didapatkan jika anda mengajukan surat pengunduran diri sajak awal.

Salah satunya adalah perusahaan dapat mencari karyawan baru agar tidak ada kekosongan posisi dan anda akan memiliki citra yang baik di lingkungan kerja yang lama karena mengundurkan diri sesuai prosedur yang ada.

Sebelum membuat surat pengunduran diri, anda perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menggunakan kalimat yang sopan dan langsung pada maksud inti pengunduran diri.

Format Surat Pengunduran Diri

Berikut format yang perlu di perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri :

  1. Nama kota beserta tanggal

Nama kota dan tanggal ditulis dibagian kanan atas.

  1. Perihal

Perihal ditulis “Permohonan pengunduran diri”.

  1. Nama beserta alamat yang dituju

Nama yang ditulis dalam surat pengunduran diri biasanya ditujukan pada Pimpinan atau Tim HRD.

  1. Salam pembuka

Salam pembuka dapat ditulis “Assalamu’alaikum”, “Salam Sejahtera”, “Dengan Hormat”, “Hormat saya” atau yang lainnya.

  1. Alasan mengundurkan diri

Alasan mengundurkan diri merupakan inti dari tujuan pembuatan surat. Anda harus menuliskan alasan yang rasional dengan bahasa yang sopan agar tidak menyinggung perasaan.

  1. Mencantumkan tanggal pengunduran diri

Tanggal pengunduran diri perlu dicantumkan supaya lingkungan kerja atau organisasi Anda dapat mencari pengganti.

  1. Ucapan terimakasih

Ucapan terimaksih merupakan suatu bentuk apresiasi karena Anda telah diterima dan diperlakukan dengan baik selama ada di lingkungan kerja atau organisasi.

  1. Permohonan maaf

Permohonan maaf diperlukan sebagai bentuk penebusan kesalahan–kesalahan Anda yang di sengaja maupun tidak di sengaja selama berada di lingkungan kerja atau organisasi.

  1. Salam penutup

Salam penutup dapat ditulis selaras dengan salam pembuka yang dicantumkan, jika salam pembuka menggunakan assalamu’alaikum, maka salam penutupnya adalah wa’alaikumussalam.

  1. Nama dan tanda tangan

Nama dan tanda tangan merupakan syarat administratif yang perlu dipenuhi. Biasanya nama dan tanda tangan terletak dibagian kanan bawah.


Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja, Perusahaan, Sekolah dll.

Surat mengundurkan diri merupakan surat yang dibuat oleh seseorang yang akan keluar dari tempat kerja atau lingkungannya saat ini.

Adapun banyak contoh surat penunduran diri yang sering ditemui dalam kehidupan sehari–hari. Di bawah ini, akan kami berikan contoh surat pendunduran diri kerja, guru, di sekolah, maupun di suatu organisasi.


#1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat pengunduran diri merupakan surat resmi yang dibuat langsung oleh seseorang yang berniat untuk mengundurkan diri.

Surat ini akan dibaca langsung oleh pimpinan atau tim HRD di tempat Anda bekerja atau dalam organisasi yang sedang Anda naungi. Berikut merupakan contoh surat pengunduran diri kerja:


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Kepada Yth.

Tim HRD

CITRA BUSANA

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Rania Kinasih bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. CITRA BUSANA sebagai Staff Produksi, terhitung sejak tanggal 01 oktober 2020.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. CITRA BUSANA. Mohon maaf apabila ada salah kata atau perbuatan selama bersinggungan selama saya bekerja. Saya berharap PT. CITRA BUSANA dapat terus berkembang menjadi lebih baik kedepannya.

Sukoharjo, 12 September 2020

Hormat saya

 

 

(Rania Kinasih)

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja DOC

Download file doc : Klik di sini


#2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Sekolah

Surat pengunduran diri dari sekolah merupakan surat yang dibuat seseorang yang ingin keluar dari pekerjaan atau pendidikannya di suatu sekolah.

Surat pengunduran diri dari sekolah ditulis dengan kalimat yang jelas dan tidak bertele – tele. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah contoh pengunduran diri dari sekolah :


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sukoharjo, 25 September 2020

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepala Sekolah SMP TALENT SUKOHARJO

(Di tempat)

Dengan hormat,

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama               : Indra Kusuma

Pekerjaan        : Karyawan swasta

Alamat            : Jl. Sakura No 04, Rt 01 Rw 05, Gonilan, Sukoharjo

Telp                 : 0812 2341 4431

Selaku orangtua/wali murid dari:

Nama siswa     : kurniawan soleh

Kelas               : VIII B

No induk         : 2145463

Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri anak saya kurniawan soleh dari SMP TALENT SUKOHARJO, dikarenakan akan pindah sekolah ditempat yang baru.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, terimakasih atas jasa bapak/ibu guru yang sudah mendidik anak saya selama mengemban pendidikan di SMP TALENT SUKOHARJO, apabila ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Hormat saya

 

(Indra Kusuma)

Download Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah DOC

Download file doc : Klik di sini


#3. Contoh Surat Pengunduran diri Guru

Surat pengunduran diri guru merupakan surat yang dibuat oleh guru saat ingin keluar dari pekerjaannya di instansi pendidikan.

Surat pengunduran diri guru ditulis dengan singkat, padat dan juga jelas. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah contoh pengunduran diri guru:


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sukoharjo, 14 September 2020

Perihal : Permohonan pengunduran diri

Kepada Yth:

Kepala Sekolah SMA CITRA SUKOHARJO

(Di tempat)

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang bertAndatangan dibawah ini :

Nama                           : Naura Inayah

Tempat, tanggal lahir : Sukoharjo, 24 februari 1996

Jabatan                        : Guru Honorer Bahasa Arab

Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai guru honorer bahasa arab di SMA CITRA SUKOHARJO terhitung semenjak tanggal 01 oktober 2020.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMA CITRA SUKOHARJO. Dan tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada kepala sekolah beserta jajaran guru dan para staff SMA CITRA SUKOHARJO, apabila banyak kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja yang saya lakukan selama saya bekerja.

Hormat saya

 

(Naura Inayah)

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Guru DOC

Download file doc : Klik di sini


#4. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Dalam berorganisasi pasti Anda tidak jarang mengalami ketidakcocokan atau tidak nyaman antar sesama anggota organisasi tersebut.

Dalam membuat surat pengunduran diri organisasi sama halnya dengan surat yang tertera diatas. Agar memudahkan Anda dalam membuatnya, berikut kami cantumkan contoh surat pengunduran diri organisasi.


SURAT PENGUNDURAN DIRI

Sukoharjo, 25 September 2020

Perihal : permohonan pengunduran diri

Kepada Yth.

Ketua OSIS dan Pembina OSIS SMA MANDIRI SUKOHARJO

 

Dengan hormat,

 

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama        : Ida Kurniawati

Kelas        : X1 IPA 4

NIS          : 162354

Jabatan     : Bendahara II

Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari Organisasi OSIS SMA MANDIRI SUKOHARJO. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena saya tidak dapat membagi waktu belajar dengan berorganisasi, dikarenakan jadwal yang sangat padat.

Terimakasih banyak atas pengalaman yang saya dapatkan selama satu periode menjabat sebagai Bendahara II, saya juga mohon maaf yang sebesar – besarnya bila ada salah kata atau perbuatan yang disengaja maupun tidak disengaja selama bersinggungan dengan pengurus OSIS SMA MANDIRI SUKOHARJO.

Besar harapan saya surat permohonan pengunduran diri ini disetujui, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Mengetahui,

Yang bertandatangan

 

 

Ida Kurniawati

NIS. 162354

Orang tua siswa

 

 

Sutarno

Menyetujui,
Pembina OSIS

 

 

Andi Sasono, S.Pd

NIP. 7348492617839

Ketua OSIS

 

 

Kiki Saputra

NIS.162887

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi DOC

Download file doc : Klik di sini


Penutup

Sekian penjelasan dan contoh surat pengunduran diri, yang terpenting dalam membuat surat pengunduran diri adalah penggunaan kata yang tepat sehingga tidak menyinggung perasaan pimpinan Anda saat ini dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh masing–masing tempat kerja, instansi atau organisasi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin keluar atau mengundurkan diri dari tempat kerja, instansi atau organisasi yang sedang Anda naungi.

Contoh Surat Pribadi: Singkat, Sahabat, Guru, Ibu, Bahasa Inggris

Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris dan Indonesia berbagai Keperluan – Secara garis besar jika membicarakan tentang surat, maka akan dapat dibagi menjadi dua jenis; yakni surat resmi dan surat tidak resmi.

  • Surat resmi identik dengan lembaga atau instansi sehingga surat tersebut diterbitkan untuk kepentingan suatu lembaga dan memiliki format tertentu.
  • Sementara itu, surat tidak resmi cenderung berkaitan dengan kepentingan pribadi dan tidak ada aturan khusus yang dipergunakan untuk menyusunnya.
Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris dan Indonesia
Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Apa itu surat pribadi?

Salah satu contoh surat tidak resmi adalah surat pribadi. Sesuai dengan namanya, surat pribadi adalah surat yang diterbitkan oleh seseorang atas nama diri dan tidak mewakili lembaga atau instansi yang ditujukan untuk pribadi lain.

Kegiatan surat menyurat atau disebut juga dengan korespondesi sangat-sangat diperlukan pada masa lalu ketika teknologi belum secanggih saat ini. Korespondensi menjadi jembatan antara dua orang untuk saling mengabarkan dan bertukar informasi.

Seperti yang biasa Anda lihat ketika menonton film-film yang berlatar belakang masa lalu, pasti akan Anda temui kegiatan surat-menyurat.

Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan manusia untuk saling berkabar dan bertukar informasi merupakan hal yang tidak dapat ditampik. Entah di masa lalu, entah di masa kini saat teknologi mulai merajai. Hanya saja, medianya yang berubah.

Jika dahulu menggunakan surat secara konvensional, yakni kertas maka saat ini surat-menyurat dilakukan dengan media sosial memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Yah, bertukar informasi dan saling mengabarkan adalah kebutuhan manusia. Apalagi dihadapkan dengan keadaan pandemi serta kecanggihan teknologi.

Bukan hal yang sulit lagi untuk saling memberikan kabar dan bertukar informasi. Bahkan kecepatan dari proses ini tidak dapat dibandingkan dengan surat menyurat konvensional di masa lalu.

Dahulu untuk saling mengabarkan dan bertukar informasi melalui media surat berbentuk kertas dibutuhkan waktu berhari, berpekan, hingga berbulan-bulan lamanya. Namun, kini kebutuhan tersebut dapat dipenuhi hanya dalam waktu singkat, tidak sampai satu menit surat sudah sampai tujuan.

Kebutuhan tersebut tentunya perlu diimbangi dengan pengetahuan yang tepat dalam menyusun surat pribadi. Pemahaman terhadap contoh surat pribadi dapat menjadi titik awal untuk membuat surat pribadi yang baik dan benar sesuai dengan tujuan yang penulisan contoh surat pribadi tersebut.


Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris dan Indonesia Berbagai Tema

Yuk simak contoh surat pribadi dengan berbagai bahasan dan tujuan berikut ini!

#1. Contoh Surat Pribadi Singkat

Contoh surat pribadi singkat memiliki karakteristik yang sangat jelas sesuai dengan namanya. Ketika menulis contoh surat satu ini, Anda dituntut untuk tidak banyak berbasa-basi alias secukupnya saja mengingat surat ini merupakan surat yang singkat.

Perlu segera menyampaikan maksud dan tujuan penulisan surat merupakan poin penting dari contoh surat pribadi singkat.

—————————-

Solo, 28 September 2020

Untuk: Windy Meilani

Dari: Fiska Putri

Hai Windy, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik yah. Alhamdulillah aku baik-baik dan dalam keadaan sehat.

Nah, aku mau bilang insyaaAllah pekan depan aku ke Solo. Mari bertemu Wind! Aku sangat antusias untuk kembali bertemu denganmu. Oh iya, rencana aku hanya lima hari di Solo. Untuk komunikasi lebih lanjut hubungi nomor WA-ku: 088855567790. Aku tunggu kabar baiknya ya.

Terima kasih Wind sudah membaca suratku. Sampai jumpa!


Penjelasan Contoh Surat Pribadi Singkat

Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan contoh surat pribadi singkat:

  1. Gunakan bahasa yang dekat dan bersahabat, tetapi tidak bertele-tele dan harus singkat.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan yang mengikat.
  3. Bagian badan contoh surat pribadi perlu memerhatikan struktur salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat struktur contoh surat pribadi singkat di atas!

-Salam pembuka dimulai dari kata ‘hai’ hingga ‘sehat’ yang tersusun dalam satu alinea.

-Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi tersebut dimulai dari kata ‘nah’ hingga ‘ya’ yang sama-sama tersusun dalam satu alinea.

-Salam penutup, bagian salam penutup dalam contoh surat pribadi di atas dimulai dengan kata ‘terima kasih’ dan diakhiri dengan kata ‘sampai jumpa’ yang disusun dalam satu alinea.

Contoh surat pribadi singkat sangat harus memperhatikan unsur singkat karena memang jenis dari contoh surat pribadi singkat berkaitan dengan ketepatan dan kepadatan pesan yang disampaikan.


#2. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Sebagaimana karakter dari surat pribadi yang menunjukkan kepentingan atau mewakili urusan seorang individu. Surat pribadi memiliki penekanan untuk menyampaikan maksud dan tujuan pribadi kepada orang atau individu lain. Contoh surat pribadi untuk sahabat menjadi salah satu jenis dari surat pribadi.

—————————-

Solo, 28 September 2020

Kepada: Ahmad Jafar Shidiq

Dari: Tegar Kamil

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

Halo Ajes, apa kabar nih? Eit, masih inget aku kan? Jangan-jangan kamu abis ini baru coba inget-inget aku siapa, hayoo hehe! Ini aku Jes, temen kecilmu, yang kalau kamu manggil aku selalu saja pakai singkatan Teka, hmm masih inget kan aku. Gara-gara panggilan itu, aku keterusan panggil kamu Ajes dan sampai sekarang masih aja begitu wkwk. Eh iya, tadi nanyain kabar kan? Alhamdulillah kalau aku kabar baik, kayaknya kurusan sih, tapi masih sehat dan berbahagia kok Jes. Semoga kamu juga gitu ya.

Ngomongin soal nostalgia masa kecil setelah kita pisah lima belas tahun begini, aku punya cerita Jes. Kamu tahu adikku Hanif yang dulu sering banget ngikutin ke mana aja kita main sampai kita sebel sama dia? Nah, Hanif tahun ini masuk kuliah Jes dan tahu lucunya apa? Dia jadi adik tingkat kamu di Sastra Indonesia loh! Jangan kaget ya, setelah dulunya pas kecil ngikutin aku main sekarang dia yang bakalannya ngikutin kamu. Nitip Hanif ya Jes, kalau nakal dan ga jelas marahin aja, hehe.

Jes ga kangen aku apa sih? Enggak bosen lima belas tahun di Bandung? Bahkan kuliah aja enggak keluar dari Bandung, yang bikin heran lagi kenapa Hanif juga malah ikutan ke Bandung, heu. Kenapa gitu dua orang terdekatku pada berlabuh ke Bandung, heran deh. Sesekali sinilah main ke Jogja atau ke Solo. Eh kalau pas aku di Jogja ya sok atuh mainnya ke Jogja, tapi kalau pas aku di Solo kayak sekarang nih, hayuk gas mangga ke Solo. Itung-itung nostalgia masa kecilmu yang amat sangat singkat selama di Solo. Pokoknya sugeng rawuh Mas Ahmad Jafar Shidiq. Kudu berkabar kalau ada rencana ke Solo, kudu banget!

Aniway, kita udah tua juga ya Jes. Kalau ngitungnya pakai itungan semester rasa-rasanya baru kemarin semester satu, eh gila aja sekarang udah semester tujuh. Usia juga udah dua puluh satu. Enggak nyangka hidup sebegini cepet. Wajarnya tinggal setahun kita lulus jadi sarjana terus abis itu bakalan dihadapkan dengan the real life. Okee Jes, ga bohong tantangan zaman makin kerasa. Apalagi di usia kita saat ini, yang kalau orang bilang masa-masa quarter life crisis. Mulai dari pertanyaan-pertanyaan yang bisa meragukan diri sendiri, mbandingin diri dengan orang lain, sampai ke titik yang bisa bikin kita melemahkan diri sendiri. Semoga kita aman dan lancar dalam menghadapi fase ini ya Jes dan bisa jadi titik pendewasaan kita.

Okeee Jes kayaknya aku udah banyak omongan nih. Selanjutnya giliran kamu ya yang cerita, aku tunggu balesan surat dari kamu! Santai aja kalau masih repot kerjain yang lain dulu, tapi bukan berarti suratku ini dilupain loh ya! Inget baik-baik: nitip Hanif, ayo main ke Jogja dan Solo! Satu lagi, inget jangan dianggurin suratku hehe. Makasih Jes udah baca suratku. Salam sehat dan #dirumahaja!

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.

Sahabat masa kecilmu,

 

Tegar Kamil


Penjelasan Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Hal yang perlu diperhatikan dalam contoh surat pribadi untuk sahabat:

  1. Contoh surat pribadi untuk sahabat identik dengan kedekatan yang rapat. Untuk itu, penggunaan bahasa dalam contoh surat pribadi untuk sahabat haruslah dekat dan santai disesuaikan dengan tujuan penyampaian surat. Penggunaan sapaan dengan nama-nama yang mendekatkan menjadi salah satu ciri dari contoh surat pribadi untuk sahabat. Dalam contoh surat pribadi untuk sahabat di atas ditandai dengan penggunaan kata sapaan, seperti: ‘Jes’, penyebutan diri sendiri dengan sapaan yang dikenal bersama, yakni ‘Teka’.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan mengikat.
  3. Contoh surat pribadi untuk sahabat perlu memerhatikan struktur berupa salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat penjelasan struktur surat pribadi untuk sahabat di atas!

– Salam pembuka berupa ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.’

– Pembukaan contoh surat pribadi untuk sahabat tersebut dimulai dari kata sapaan ‘halo’ hingga kata ‘ya’ yang terdapat dalam alinea pertama.

– Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi untuk sahabat dimulai dari kata ‘ngomongin’ sampai kata ‘kita’ pada alinea keempat.

– Penutup, bagian penutup dalam contoh surat pribadi untuk sahabat di atas dimulai dengan kata ‘oke’ dan diakhiri dengan kata ‘#dirumahaja’.

– Salam penutup berupa ‘Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.’


#3. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Surat pribadi juga bisa ditujukan kepada guru. Contoh surat pribadi untuk guru biasanya berkaitan dengan keperluan seorang murid, entah dalam hal tugas, berterima kasih, meminta maaf, dan sebagainya.

Sesuai tujuannya, yakni guru contoh surat pribadi bersifat semiformal dalam hal penggunaan bahasa karena contoh surat pribadi ini ditujukan pada orang yang lebih tua dan memiliki ilmu yang lebih luas dari seorang murid. Contoh surat pribadi untuk guru dapat disimak berikut ini.

—————————-

Surakarta, 28 September 2020

Kepada: Bapak Ginanjar

Dari: Ninda Putri Abelia

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Halo Pak Gin, apa kabar Pak? Semoga sehat dan baik-baik saja nggih Pak. Begitu juga dengan keluarga Bapak, semoga selalu dilimpahi berkah dan kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’alaa. Alhamdulillah Ninda sekeluarga juga sehat dan baik-baik saja Pak.

Tidak terasa ya Pak sudah tiga tahun Ninda lulus dari SMP Pemuda Bangsa. Saat ini, Ninda sudah kelas tiga SMA Pak dan insyaaAllah tahun ini Ninda akan mendaftar kuliah di jurusan Pertanian Universitas Gadjah Mada. Mohon doaanya ya Pak, semoga diberikan kemudahan serta kelancaran Pak.

Beberapa hari lalu Ninda mendapat kabar dari teman-teman kalau Pak Ginanjar sudah dimutasi dan diangkat menjadi kepala sekolah di kota Semarang. Selamat ya Pak Ginanjar yang kini sudah menjadi kepala sekolah. Wah jika bertemu nanti, saya perlu bawakan sesuatu nih, hehe. Alhamdulillah Ninda ikut senang Pak mendengarnya. Semoga Bapak dapat menjadi kepala sekolah yang amanah. Seperti juga pesan Bapak saat Ninda SMP, “Berbuat baik itu investasi akhirat.” Masih terus Ninda ingat pesan Bapak tersebut. Terima kasih Pak selalu mengingatkan kami untuk senantiasa berbuat baik. Semoga Allah meridhai langkah Pak Ginanjar.

Ninda ingin menyampaikan terima kasih kepada Pak Ginanjar atas bimbingan Bapak selama SMP dulu. Tepatnya ketika Ninda masuk tim OSN Matematika dan bimbingan Pak Gin setiap kali Ninda mengikuti perlombaan. Bimbingan dan bantuan dari Pak Gin tidak akan pernah Ninda lupakan dan semoga menjadi investasi amal untuk Bapak, aamiin.

Oh iya Pak, Ninda ingin menanyakan alamat Bapak di Semarang. Dua hari lalu ayah sudah kembali dari Australia Pak dan ini ada beberapa oleh-oleh yang sengaja ayah bawa dari Aussie untuk Pak Ginanjar. Jangan lupa cantumkan alamat Bapak pada surat balasan nanti yah Pak.

Nah, kalau begitu sampai di sini dulu ya surat dari Ninda. Terima kasih Pak Ginanjar yang telah membaca surat Ninda dari awal hingga akhir.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Penjelasan Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Hal yang perlu diperhatikan dalam contoh surat pribadi untuk guru:

  1. Penggunaan bahasa secara umum dalam contoh surat pribadi untuk guru harus disesuaikan dengan konteks tujuan, yaitu guru. Meskipun tergolong sebagai surat pribadi, tetapi contoh surat pribadi untuk guru harus diikuti dengan kesantunan dalam berbahasa. Terutama dalam sapaan, tetap harus menyertakan sapaan ‘Pak’ atau ‘Bu’. Selain itu, penggunaan bahasa juga tidak boleh terlalu santai karena contoh surat pribadi untuk guru bukanlah surat pribadi untuk teman.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan mengikat. Susunan tersebut umumnya diletakkan di bagian atas, boleh atas kanan dan boleh atas kiri.
  3. Contoh surat pribadi untuk guru perlu memerhatikan struktur berupa salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat penjelasan struktur contoh surat pribadi untuk guru di atas!

-Salam pembuka berupa ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.’

-Pembukaan dimulai dari kata ‘halo’ hingga kata ‘Pak’ yang tersusun dalam satu alinea, yakni alinea pertama dari contoh surat pribadi untuk guru.

-Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi untuk guru tersebut tersusun dalam empat alinea, yakni alinea kedua hingga alinea kelima.

-Penutup, bagian salam penutup dalam contoh surat pribadi untuk guru di atas terdapat pada alinea keenam yang dimulai dari kata ‘nah’ dan hingga kata ‘akhir’.

-Salam penutup berupa ‘Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.’


#4. Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

Penulisan contoh surat pribadi untuk ibu hampir sama dengan contoh surat pribadi untuk guru. Keduanya sama-sama ditujukan untuk orang yang lebih tua. Namun, contoh surat pribadi untuk ibu memiliki unsur kedekatan yang lebih intens.

—————————-

Surakarta, 28 September 2020

Teruntuk, Ibunda tercinta

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh

Selamat malam Bund! Hehe coba tebak mengapa Kakak memulainya dengan ‘selamat malam’? Yah karena Kakak tahu Bunda akan membaca surat ini pada malam hari, waktu yang paling sempurna ketika Bunda sudah menyelesaikan semua urusan kerja dan rumah. Ya kan Bund? Halo Bundaku tercinta, Bunda apa kabar? Semoga sehat selalu ya Bund, aamiin. Kakak alhamdulillah juga sehat kok Bund.

Sebenarnya kakak pengen segera pulang Bund, tetapi keadaan belum memungkinkan. Iya bener Bund, pasti Bunda sedang berpikir padahal kakak sudah mulai libur semester, hehe. Betul sekali Bund, kakak sudah libur semester, tetapi kegiatan organisasi belum libur Bund. Masih ada satu dua hal yang perlu segera diurus di sini jadi kakak tidak bisa pulang dalam waktu dekat. Mohon pemakluman dari Bunda ya. InsyaaAllah kalau sudah waktunya, Kakak akan pulang dalam keadaan baik dan aman, doakan ya Bunda.

Bunda, temen-temen kakak banyak yang sudah kerja. Ada yang part time di warung makan, kafe, ada juga yang jadi guru les privat. Dari situ kakak jadi inisiatif untuk daftar di sebuah bimbel jadi guru les privat dan alhamdulillah keterima Bund. Pekan ini kakak sudah pertemuan ketiga sama Dek Lala, iya Bund namanya Lala anak kelas tiga SD. Alhamdulillah anaknya baik enggak rewel dan enggak susah. Kakak nyaman sama kesibukan baru ini Bund, sekali lagi alhamdulillah.

Bunda, kemarin adik bilang Bunda sempet drop ya. Hayo loh kok enggak ngabarin kakak. Pokoknya harus jaga kesehatan, kalau udah mulai kerasa capek segera istirahat Bund. Kalau udah mulai laper, segera makan. Ini nih jaga pola makan dan pola istirahat. Kakak dah nitip pesen ke adik buat ngawasin Bunda, hehe.

Udah ya Bund segini dulu surat dari Kakak. Semoga Kakak bisa segera pulang dan ketemu Bunda, aamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.


Penjelasan Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

Hal yang perlu diperhatikan dalam contoh surat pribadi untuk ibu:

  1. Penggunaan bahasa secara umum dalam contoh surat pribadi untuk guru harus disesuaikan dengan konteks tujuan, yaitu ibu. Gunakan bahasa yang santun, tetapi tetap menunjukkan kedekatan antara seorang anak dengan ibunya.
  2. Tetap perhatikan susunan berupa hari tanggal dan alamat yang terletak di bagian kiri atas. Untuk letak sebenarnya opsional karena sekali lagi dalam contoh surat pribadi tidak ada ketentuan mengikat. Susunan tersebut umumnya diletakkan di bagian atas, boleh atas kanan atau boleh atas kiri.
  3. Contoh surat pribadi untuk ibu perlu memerhatikan struktur berupa salam pembuka, isi dan salam penutup.

Lihat penjelasan struktur contoh surat pribadi untuk ibu di atas!

-Salam pembuka berupa ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.’

-Pembukaan dimulai dari kata ‘selamat’ hingga kata ‘Bund’ yang tersusun dalam satu alinea, yakni alinea pertama dari contoh surat pribadi untuk ibu.

-Isi, bagian isi dalam contoh surat pribadi untuk ibu tersebut tersusun dalam empat alinea, yakni alinea kedua hingga alinea kelima.

-Penutup, bagian penutup dalam contoh surat pribadi untuk ibu di atas terdapat pada alinea keenam yang dimulai dari kata ‘udah’ dan hingga kata ‘aamiin’.

-Salam penutup berupa ‘Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.’


#5. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Surat pribadi dalam bahasa Inggris disebut dengan personal letter. Kegunaan surat pribadi dalam bahasa Inggris sama halnya dengan surat pribadi dalam bahasa Indonesia. Hanya saja praktik penggunaan contoh surat pribadi bahasa Inggris berkaitan dengan mata pelajaran bahasa Inggris yang biasanya terdapat sebuah materi mengenai personal letter.

—————————-

Surabaya, 9th Sept 2020

Dear Farel

Hello Farel! How are you?  Hope you are doing fine. Anyway, we haven’t seen each other in two months and see what month it is? Yes September. So, let’s talk about what’s happening in September!

I thought you might forget your birthday date. Look above my letter, what date is it now? Yes, 9th September, it means that today is your birthday. Happy birtday Farrel, welcome to the age of 21. Wish you all the best. To be a good man, a good son, a good friend, a good servant, a good brother, a good uncle for the twinny Lili and Lulu.

I hope we can meet as soon as possible and say “let’s get it” together! Thanks for reading my letter.

Your beloved friend,

Natasyanania

——————————————————–

Surat Pribadi Bahasa Inggris Versi Bahasa Indonesia

——————————————————–

Surabaya, 9 September 2020

Farel tersayang

Halo Farel! Apa kabar?  Semoga kamu baik-baik saja. Ngomong-ngomong kita belum ketemu selama dua bulan ya dan lihat sekarang bulan apa? Ya, September. Jadi ayo kita membicarakan tentang apa yang terjadi di September.

Aku mengira kamu lupa dengan hari ulang tahunmu. Coba lihat bagian atas suratku, tanggal berapakah sekarang? Ya, 9 September 2020, itu artinya hari ini adalah hari ulang tahunmu. Selamat ulang tahun, Farel, selamat datang di usia 21. Berharap yang baik-baik untuk kamu. Semoga menjadi lelaki yang baik, anak yang baik, hamba yang baik, kakak yang baik, dan paman yang baik juga untuk si kembar Lili dan Lulu.

Aku berharap kita dapat bertemu sesegera mungkin dan berkata “Ayoo segerakan bersama!” Terima kasih sudah membaca suratku.

Temanmu tercinta,

Natasyanania


Semoga contoh-contoh surat pribadi mulai dari untuk ibu, sahabat, guru, bahasa inggris, dll di atas bermanfaat ya.

Silakan sampaikan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Contoh Majas Metafora dan Artinya

Contoh Majas Metafora dan Artinya – Ketika Anda membaca novel, puisi atau lirik lagu akan menemukan kalimat kiasan yang indah. Bila belum tahu, kalimat kiasan tersebut disebut majas.

Contoh Majas Metafora dan Artinya
Pengertian Majas Metafora dan Contohnya (30+)

Gaya bahasa yang digunakan penulis untuk menyampaikan pesan dengan kiasan atau imajinatif. Majas terdiri dari 4 jenis, salah satunya yaitu majas perbandingan.

Didalam majas perbandingan dibagi lagi menjadi beberapa majas yang sering Anda jumpai, yaitu majas metafora. Kali ini Kami akan membahas tentang majas metafora beserta contohnya.

Pengertian Majas Metafora

Menurut Wikipedia, pengertian metafora adalah pemakaian kata atau kelompok kata bukan dengan arti yang sebenarnya, tetapi sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.

Majas metafora menggambarkan sesuatu seolah-olah itu sesuatu yang lain, suatu perumpamaan yang lain tetapi memiliki arti yang sama.

Pengertian lain dari majas metafora adalah pemakaian kata yang bukan sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang menggambarkan persamaan atau perbandingan.

Jadi, majas metafora dapat digunakan menggambarkan persamaan atau perbandingan. Majas metafora banyak digunakan pada karya sastra karena untuk menekankan kesan yang ingin disampaikan dan kalimat yang dibuat menjadi hidup.

Ciri-Ciri Majas Metafora

Majas metafora memiliki ciri-ciri tersendiri. Ciri-ciri majas metafora yaitu:

  1. Tidak menggunakan kata hubung atau konjungsi.
  2. Menggunakan kata atau frasa yang mempunyai makna kiasan untuk menyamakan atau menggunakan kata perbandingan suatu objek dengan objek lain.
  3. Membandingkan objek dengan perbandingan langsung tanpa ada kata pembanding. Contoh kata pembanding: bak, seperti, bagaikan dll.

Jenis Majas Metafora

Majas metafora dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Majas Metafora in Praesentia

Jenis majas metafora yang membandingkan suatu objek bersamaan dengan pembandingnya, sehingga terkandung makna yang eksplisit.

Contoh majas metafora in praesentia: Mat Piti adalah kembang desa di Megajaya. Pada kalimat tersebut “kembang desa” merupakan gadis paling cantik di desa.

  1. Majas Metafora in Absentia

Metafora in Absentia adalah jenis majas yang tidak disampaikan secara langsung atau implisit, sehingga ada makna tersembunyi. Karena penyampaiannya yang implisit banyak pembaca yang terkadang salah mengartikan kata tersebut.

Contoh in absentia: “Banyak lelaki memperebutkan mawar desa itu untuk dipersunting”. Mawar desa bisa berarti gadis, cantik, wanita yang belum menikah.

Setelah Anda mengenal pengertian, ciri-ciri dan jenis dari majas metafora, berikut contoh majas metafora agar Anda lebih memahami lagi.

30+ Contoh Majas Metafora dan Artinya

Berikut contoh majas metafora dan artinya :

  • Gulung tikar : bangkrut
  • Buah hati : anak
  • Tutup mulut : tidak mau berkomentar
  • Sebelas dua belas : tidak jauh beda
  • Pemburu berita : wartawan
  • Kota gudeg : Yogyakarta
  • Kutu buku : gemar membaca
  • Meja hijau : pengadilan
  • Ahli hisap : perokok
  • Negeri Sakura : negara Jepang
  • Meja hijau : pengadilan
  • Buah tangan : oleh-oleh

Contoh Kalimat Majas Metafora

Supaya Anda dapat membuat majas metafora, berikut contoh kalimat majas metafora yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Sabtu (22/8/2020) kantor Kejaksaan Agung di lahap si jago merah.
  • Karena tekadnya yang besar, sekarang karirnya menanjak.
  • Kita perku berkaca pada diri sendiri dahulu sebelum menasehati oranglain.
  • Dokter itu lulusan kampus di kota gudeg.
  • Ratusan pengusaha kayu terancam gulung tikar.
  • Diana adalah tulang rusukku.
  • Mereka seperti kopi yang disiram air panas.
  • Pak Roro memiliki buah hati kembar laki-laki.
  • Derry hanya bisa gigit jari melihat koleksi bukunya dimakan rayap.
  • Perusahaan yang telah berdiri dua puluh tahun itu akhirnya gulung tikar.
  • Kasus perselisihan itu akhirnya dibawa ke meja hijau.
  • Rani membawa buah tangan dari Bali.
  • Dibalik prestasinya yang luar biasa, sejak kecil Rudi merupakan kutu buku.
  • Merek pakaian VSVL sedang naik daun.
  • Bruno unjuk gigi kemampuannya melakukan tendangan bebas.
  • Guinevere akhirnya angkat bicara atas kasus pembobolan mesin atm di kantornya kemarin sore.
  • Kompetensi pegawai baru tersebut menjadi buah bibir di lingkungan kantornya.
  • Yuzhong adalah buah hati satu-satunya dari Pak Zhask dan Bu Angela.
  • Sejak kelas 2 SD, Alucard adalah bintang kelas di sekolahnya.
  • Setelah bersabar selama satu tahun, Luo Yi akhirnya angkat kaki dari rumah kontrakannya yang sempit.

Baca juga :


Demikian pembahasan dari majas metafora mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh majas metafora. Semoga Anda dapat memahami dan bermanfaat.

Contoh Pantun Anak-Anak

20+ Contoh Pantun Anak Sekolah Terbaru – Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga disuguhi dengan materi pantun dalam pelajaran bahasa Indonesia. Pastilah yang dimaksud anak-anak di sini adalah anak-anak Sekolah Dasar.

contoh pantun anak anak
20+ Contoh Pantun Anak-Anak Terbaru | Sumber : Unsplash.com

Namun, anak-anak yang belum mengenal dan mempelajari pantun perlu juga untuk diberikan comtoh pantun yang sesuai dengan mereka.

Betul sekali, pantun yang sesuai untuk mereka biasa disebut dengan pantun anak-anak. Ada pun contoh pantun anak-anak sangatlah berkaitan dengan dunia kanak-kanak. Selain itu, contoh pantun anak juga juga diwarnai dengan berbagai nasihat, semangat belajar, dan mewujudkan cita-cita.

Poin penting dari contoh pantun anak-anak adalah penanaman karakter, seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan demikian, contoh pantun kanak-kanak akan banyak menyebutkan ajakan berbudi pekerti.

20+ Contoh Contoh Pantun Anak-Anak Terbaru

Simak beberapa contoh pantun anak-anak yang asik di bawah ini.

  1. Contoh pantun anak-anak #1

Satu kali satu sama dengan satu

Empat tambah empat sama dengan delapan

Senang hatiku tak menentu

Bahagia sekali bermain bersama di lapangan

  1. Contoh pantun anak sekolah #2

Kawanku senang jadi yang pertama

Berhasil datang menangkan permainan

Ayo teman main bersama

Berdiam diri tak ‘kan mengasyikkan

  1. Contoh pantun anak sd #3

Ibu meminta dibelikan lilin

Lalu aku pergi menaiki sepeda

Pergi sekolah pada hari Senin

Berseragam putih merah dilanjutkan upacara

  1. Contoh pantun anak-anak #4

Satu tambah dua sama dengan tiga

Dua tambah dua sama dengan empat

Ramai bermain dan berolahraga

Hati bahagia dan badan sehat

  1. Contoh pantun kanak-kanak #5

Paman sedang mencabut akar

Dari tanaman yang ada di depan mata

Main bersama tidak boleh bertengkar

Ingat, ini permainan supaya kita tertawa bersama

  1. Contoh pantun anak sd #6

Tamu datang dengan membawa karung

Lalu ibu membukakan pintu masuk

Sungguh senang menyimak kakung

Berdongeng sampai terbatuk-batuk

  1. Contoh pantun anak sekolah #7

Ayah pulang membawa lampu pijar

Adik menyambut dengan berkata ‘hebat’

Memperhatikan ibu guru mengajar

Sungguh bisa membuatku bersemangat

  1. Contoh pantun anak-anak #8

Ibu datang dan bersalaman

Nenek menyambut dengan sangat saksama

Aku datang ke rumah paman

Sungguh senang berlibur bersama

  1. Contoh pantun anak lucu #9

Beli sayur mayur dan kembang kol

Masing-masing jenis membeli dua

Main petak umpet dan main untrakol

Seru sekali hingga kami tertawa-tawa

  1. Contoh pantun kanak-kanak #10

Belajar kelompok sepekan sekali

Aku senang-senang sambil menyimak

Adik menyanyi nyaring sekali

Kami tertawa terbahak-bahak

  1. Contoh pantun anak-anak sd #11

Matematika dijelaskan dengan berbagai cara

Malah kami semakin bingung tidak karuan

Anjing tetangga sering bersuara

Sepertinya ingin mencari perhatian

  1. Contoh pantun anak sd #12

Kepala sekolah datang memberi sambutan

Setiap kali apel hari sabtu

Bibi pulang membawa buah tangan

Kami diberinya satu per satu

  1. Contoh pantun kanak #13

Air pantai mengguyur batu karang

Suasananya sungguh menghibur

Hari selasa petugas imunisasi datang

Sejak Sabtu aku tidak bisa tidur

  1. Contoh pantun anak-anak sekolah #14

Burung di langit sedang dikejar

Lalu menghilang di tengah hutan

Kakak memang sangat penyabar

Selalu membantu tugas harian

  1. Contoh pantun anak-anak sd #15

Ke sana ke mari burung melanglang

Di langit luas saling berterbangan

Hati siapa yang tidak senang

Ayah pulang membawa banyak jajanan

  1. Contoh pantun anak-anak #16

Kakak pergi membeli mie yamin

Selesai makan langsung pulang

Setiap kali adik bermain

Selalu saja tertawa riang

  1. Contoh pantun kanak-kanak #17

Es buah segar bercampur kelapa

Dinikmati bersama di ruang keluarga

Bagaimana aku tak bahagia?

Semester ini berhasil menjadi juara pertama

  1. Contoh pantun anak sekolah #18

Selamat sudah menjadi yang pertama

Jangan lupa menyusun kenangan

Berangkat sekolah menaiki sepeda

Sungguh senang bersama teman

  1. Contoh pantun anak #19

Ibu pergi membawa rantang

Mengantarkan makanan ke rumah tetangga

Hari libur sangat panjang

Mari bertamasya dengan keluarga

  1. Contoh pantun kanak-kanak #20

Kakek pulang sabtu malam

Nenek tinggal di rumah bersamaku

Semangat belajar tak boleh padam

Rajin-rajinlah membaca buku

  1. Contoh pantun anak #21

Kakek berbisik suara lirih

Meminta ayah mengantarkan sabit

Jika disuruh memilih

Tamasya ke desa tetap favorit

  1. Contoh pantun anak sd #22

Bermain basket bersama ibu

Hingga hati berbahagia

Hari libur sangat ku tunggu

Ingin rasanya bertamasya ria

Baca juga :


Penutup

Itu dia 20+ contoh pantun anak sekolah sd. Pantun anak banyak sekali dijadikan contoh dalam buku-buku bahan ajar Sekolah Dasar.

Pantun anak-anak yang dijadikan contoh pun sudah pasti menggunakan pilihan kata yang berasal dari dunia anak. Penggunaan kata harus sederhana dan dapat dipahami dengan baik oleh anak-anak.

Selain itu, penjabaran makna yang ingin disampaikan dalam pantun kanak-kanak akan sering mengambil pesan berkaitan dengan perbuatan baik dan penggambaran suasana ceria.

Selamat berkresasi menyusun pantun untuk anak-anak. Anda bisa membayangkan bahwa diri Anda adalah seorang anak-anak sehingga mampu membuat pantun anak dengan baik.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional dan Internasional

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional dan Internasional – Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang permainannya menggunakan tangan. Permainan ini termasuk ke dalam jenis olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau klub yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Internasional dan Nasional
Via : Pexels.com

Di Indonesia olahraga bola voli memiliki federasi yang bernama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI. Sedangkan di dunia internasional federasi yang menaungi olahraga ini bernama Federation Internationale de Volleyball atau FIVB.

Masih berkaitan dengan orahraga bola voli, di artikel singkat ini kita akan membahas mengenai salah satu komponen penting yang harus ada dalam pelaksaan olahraga permainan bola voli ini, yaitu mengenai ukuran lapangan bola voli standar nasional dan internasional. Serta pada kesempatan kali ini akan dibahas pula mengenai ukuran lapangan dari variasi olahraga ini, yaitu bola voli paintai dan bola voli mini.

Ukuran Lapangan Bola Voli Standar Nasional dan Internasional

Olahraga bola voli memiliki lapangan yang berbentuk persegi panjang. Ukuran lapangan bola voli standar nasional dan internasional secara tunggal diatur oleh federasi induk olahraga bola voli di dunia yaitu FIVB. Aturan mengenai ukuran lapangan bola voli FIVB secara langsung pula diadopsi oleh PBVSI untuk penyelenggaraan kompetisi dan pertandingan olah raga bola voli di Indonesia menjadi ukuran lapangan bola voli standar nasional.

Panjang dua sisi lapangan bola voli adalah 18 meter dengan lebar lapangan adalah 9 meter membentuk persegi panjang. Di tengah lapangan terdapat garis yang membagi lapangan menjadi dua sisi yang menempatkan pemain dari dua tim untuk saling berhadap-hadapan. Dari garis tengah ditarik lagi garis dengan jarak 3 (tiga) meter sejajar sebagai garis serang.

Dibelakangnya terdapat area yang bernama daerah clearance, yaitu area yang digunakan untuk menghalau bola hasil serangan tim lawan dengan ukuran bagian belakang antara 3 (tiga) meter sampai dengan 8 (delapan) meter, dan bagian sampingnya dengan ukuran 3 (tiga) meter sampai dengan 5 (lima) meter.

Ukuran standar net bola voli adalah 1 (satu) meter untuk lebarnya, dan tinggi net terbagi menjadi dua macam, yaitu tinggi 2,43 meter untuk putra dan tinggi 2,24 meter untuk putri. Jarak antara tiang net dengan garis yang berada di samping lapangan bola voli adalah setengah meter sampai dengan 1 meter.

Gambar Ukuran lapangan Bola Voli Standar FIVB dan PBVSI

Beriku ini gambar lapangan bola voli beserta ukurannya.

Ukuran lapangan Bola Voli Standar FIVB dan PBVSI
Ukuran lapangan Bola Voli Standar FIVB dan PBVSI

Ukuran Standar Lapangan Bola Voli Pantai

Olahraga permainan bola voli pantai merupakan salah satu bentuk pengembangan dari olahraga induknya yaitu bola voli. Berbeda dengan permainan bola voli konvensional yang satu tim diisi oleh 5 (lima) orang, olahraga bola voli pantai setiap tim diisi hanya oleh 2 orang saja.

Seperti halnya perbedaan pada jumlah pemainnya, ukuran standar lapangan bola voli pantai pun juga berbeda dengan olahraga bola voli pada umumnya. Lapangan bola voli pantai berbentuk persegi panjang dengan ukuran standar adalah 16 meter untuk sisi panjang dan 8 meter untuk sisi lebar. Selain itu lantai yang digunakan dalam lapangan bola voli pantai adalah pasir pantai halus.

Panjang net olahraga bola voli pantai memiliki ukuran standar sepanjang 8,5 meter, dengan tinggi net yang berbeda antara kelas putra dan kelas putri. Untuk kelas putra ketinggian net bola voli  pantai memiliki ukuran 2,43 meter. Sedangkan untuk kelas putri ketinggian net bola voli pantai adalah 2,42 meter.

Kondisi bagian dalam lapangan bola voli pantai secara garis besar adalah polos, sehingga memiliki kesan yang sangat sederhana. Lapangan bola voli pantai tidak mengenal garis 3 meter dan juga garis serang di dalamnya.

Gambar Ukuran Lapangan Voli Pantai

Berikut ini gambar lapangan bola voli pantai berserta ukurannya yang wajib Anda ketahui.

Ukuran Lapangan Bola Voli Pantai
Ukuran Lapangan Bola Voli Pantai

Ukuran Standar Lapangan Bola Voli Mini

Selain olahraga bola voli pantai, salah satu bentuk modifikasi dari olahraga bola voli konvensional adalah bola voli mini. Dasar dari pengembangan olahraga ini adalah sebagai media pengenalan pendidikan jasmanai dan olahraga ditingkat sekolah dasar. Karena hal tersebutlah maka diperlukan sebuah miniatur dari permainan olahraga bola voli.

Olahraga bola voli mini juga memiliki perbedaan dari olahraga bola voli pada umumnya dan juga olahraga bola voli pantai. Jika olahraga bola voli konvensional dimainkan oleh 5 orang pada masing-masing tim dan olahraga bola voli pantai dimainkan 2 orang pada masing-masing tim, maka perbedaan yang terdapat pada olahraga bola voli mini adalah dimainkan oleh 4 orang disetiap tim dengan 2 orang pemain cadangan.

Ukuran standar lapangan bola voli mini pun juga memiliki perbedaan dengan ukuran lapangan olahraga bola voli pada umumnya. Lapangan bola voli mini berbentuk persegi panjangn dengan ukuran panjang 12 meter dan ukuran lebar 6 meter. Di dalam lapangan bola voli mini terdapat garis tengah lapangan dan juga garis serang sejauh 2 meter dari garis tengah lapangan di masing-masing sisi permainan.

Ukuran tinggi net juga berbeda untuk kategori putra dan kategori putri. Kategori putra memainkan permainan olahraga bola voli mini dengan ukuran ketinggian net 2,1 meter. Sedangkan untuk kategori putri memainkan olahraga bola voli mini dengan ukuran ketinggian net 2 meter.

Gambar Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

ukuran lapangan bola voli mini
Gambar lapangan bola voli mini beserta ukurannya

Apakah ada pertanyaan mengenai materi yang kami tuliskan ini? Silakan sampaikan opini Anda melalui kolom komentar di bawah ya.